Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN SPONSORSHIP DAN CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TELEVISI (STUDI PADA KONSUMEN SEPEDA MOTOR SKUTIK MEREK HONDA DAN SEPEDA MOTOR SKUTIK MEREK YAMAHA DI BANDA ACEH)
Pengarang
Rifayanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1301102010006
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keputusan pembelian
konsumen berdasarkan sponsorship dan celebrity endorser pada iklan televisi.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah
melakukan pembelian sepeda motor skutik merek Honda dan sepeda motor skutik
merek Yamaha di Kota Banda Aceh. Selain itu responden yang digunakan
merupakan konsumen yang pernah menonton iklan televisi mengenai
sponsorship pada berbagai program yang ada di televisi serta konsumen yang
pernah menonton celebrity (duta produk) iklan televisi yang menawarkan produk
sepeda motor skutik merek Honda dan sepeda motor skutik merek Yamaha.
Metode penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian.
Kuesioner yang berhasil dianalisis sebanyak 250 kuesioner, dimana kuisioner
dibagikan pada kedua kelompok responden yaitu 125 responden untuk
konsumen yang telah melakukan pembelian sepeda motor skutik Honda dan 125
responden untuk konsumen yang telah melakukan pembelian sepeda motor skutik
Yamaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability
sampling, teknik ini digunakan dikarenakan profitabilitas elemen dalam populasi
untuk terpilih sebagai sampel tidak diketahui, dan jenis yang digunakan adalah
purposive. Uji t Independent sample test digunakan sebagai metode analisis untuk
mengetahui perbedaan variabel-variabel yang terlibat. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara keputusan
pembelian konsumen berdasarkan sponsorship dan celebrity endorser pada iklan
televisi sepeda motor skutik merek Honda dan sepeda motor skutik merek
Yamaha di Banda Aceh. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan bahwa
(t
hitung
> t
tabel
).
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Sponsorship, Celebrity Endorser, Iklan
Televisi
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH SKEPTISME KONSUMEN AKAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DI KOTA BANDA ACEH (Rini Rahmawati, 2024)
PENGARUH SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA BANDA ACEH (Dedi Arbudy, 2025)
ANALISIS ASOSIASI MEREK SEPEDA MOTOR HONDA DAN YAMAHA PADA MASYARAKAT DI KOTA BANDA ACEH (Andy Setiawan, 2024)
HUBUNGAN CITRA MEREK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER MX 135 DI KOTA BANDA ACEH (Citra Karyati Z, 2025)
ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE IKLAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA PADA MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Yuni Syaharnita, 2025)