Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH
Pengarang
Dewi Lestari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206103040014
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui hasil ketuntasan belajar, aktifitas siswa, dan tanggapan siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini, siswa kelas XI MIPA 5 berjumlah 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi aktifitas siswa, dan angket tanggapan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar soal pilihan ganda (multiple chooise), lembar observasi aktifitas siswa, dan lembar angket tanggapan siswa. Hasil ketuntasan belajar sebesar 93,3% (kategori baik sekali) dan siswa yang tidak tuntas sebesar 6,7% terdapat 28 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas. Hasil persentase observasi aktifitas siswa pertemuan kedua dan ketiga menunjukkan siswa belajar secara aktif selama pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing sebesar 89,2% dan 80,75% (kategori baik sekali). Persentase tanggapan positif siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing selama pembelajaran pada materi asam basa sebesar 92,3% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelaja-ran melalui model inkuiri terbimbing pada materi asam basa di SMA Negeri 8 Banda Aceh mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, meningkatkan aktifitas siswa, dan adanya tanggapan positif siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Ketuntasan Belajar, Asam Basa
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI IA MAN KUTA BARO (MARZALENA, 2015)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014)
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)
A DESCRIPTION OF THE TEACHING OF SPEAKING AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF UIN AR-RANIRY (Ayuna Netta, 2014)