PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Dewi Lestari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103040014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK




Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui hasil ketuntasan belajar, aktifitas siswa, dan tanggapan siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini, siswa kelas XI MIPA 5 berjumlah 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi aktifitas siswa, dan angket tanggapan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar soal pilihan ganda (multiple chooise), lembar observasi aktifitas siswa, dan lembar angket tanggapan siswa. Hasil ketuntasan belajar sebesar 93,3% (kategori baik sekali) dan siswa yang tidak tuntas sebesar 6,7% terdapat 28 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas. Hasil persentase observasi aktifitas siswa pertemuan kedua dan ketiga menunjukkan siswa belajar secara aktif selama pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing sebesar 89,2% dan 80,75% (kategori baik sekali). Persentase tanggapan positif siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing selama pembelajaran pada materi asam basa sebesar 92,3% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelaja-ran melalui model inkuiri terbimbing pada materi asam basa di SMA Negeri 8 Banda Aceh mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, meningkatkan aktifitas siswa, dan adanya tanggapan positif siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Ketuntasan Belajar, Asam Basa

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK