PELAKSANAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM DI SMP NEGERI 1 PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PELAKSANAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM DI SMP NEGERI 1 PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

Rohani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101130049

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Kontruktivisme, Hasil Belajar Siswa
Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui “Pelaksanaan Pendekatan
Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perlindungan dan
Penegakan HAM di SMP Negeri 1 Peulimbang Kabupaten Bireuen”. Penelitian
ini bertujuan untuk: untuk mengetahui aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme pada materi perlindungan dan
penegakan HAM, Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme pada meteri perlindungan dan
penegakan HAM, untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menerapkan
pendekatan kontruktivisme pada materi perlindungan dan penegakan HAM di
kelas VII/4 SMP Negeri 1 Peulimbang Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah
siswa kelas VII/4 SMP Negeri 1 Peulimbang. Analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil
yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif untuk mengukur hasil
belajar melalui pra tindakan dan tes akhir, serta minat belajar siswa melalui
observasi dan refleksi pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme pada materi perlindungan
dan penegakan HAM pelajaran PKn dari KKM yang ditetapkan 65, maka terdapat
peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII/4 SMP Negeri 1 Peulimbang, dengan
nilai rata-rata pada tes pra tindakan adalah 59.2, pada siklus 1 adalah 61, dan pada
siklus 2 adalah 71.5. Peningkatan ini telah mencapai indikator keberhasilan yang
secara individual dan klasikal yang ditentukan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK