Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PELAKSANAAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM DI SMP NEGERI 1 PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN
Pengarang
Rohani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106101130049
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Kontruktivisme, Hasil Belajar Siswa
Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui “Pelaksanaan Pendekatan
Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perlindungan dan
Penegakan HAM di SMP Negeri 1 Peulimbang Kabupaten Bireuen”. Penelitian
ini bertujuan untuk: untuk mengetahui aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme pada materi perlindungan dan
penegakan HAM, Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme pada meteri perlindungan dan
penegakan HAM, untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan menerapkan
pendekatan kontruktivisme pada materi perlindungan dan penegakan HAM di
kelas VII/4 SMP Negeri 1 Peulimbang Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah
siswa kelas VII/4 SMP Negeri 1 Peulimbang. Analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil
yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptif untuk mengukur hasil
belajar melalui pra tindakan dan tes akhir, serta minat belajar siswa melalui
observasi dan refleksi pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan menerapkan pendekatan kontruktivisme pada materi perlindungan
dan penegakan HAM pelajaran PKn dari KKM yang ditetapkan 65, maka terdapat
peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII/4 SMP Negeri 1 Peulimbang, dengan
nilai rata-rata pada tes pra tindakan adalah 59.2, pada siklus 1 adalah 61, dan pada
siklus 2 adalah 71.5. Peningkatan ini telah mencapai indikator keberhasilan yang
secara individual dan klasikal yang ditentukan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN METODE STORYTELLING PADA MATERI MENCERITAKAN ISI DONGENG SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 3 PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN (ZUHRA ATIKA, 2024)
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA PUUEK DI KECAMATAN PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN (mahmudi, 2014)
PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA (HAM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Salmah, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEULIMBANG (Maryana, 2014)
PROSES PEMBUATAN KERAJINAN DARI SAMPAH KULIT KERANG PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI SD NEGERI 3 GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN (mauli wahyuni, 2015)