Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN
Pengarang
sardiah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106101130013
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: efektifitas, tutor sebaya, pendidikan kewarganegaraan (PKn)
Penelitian yang berjudul Efektifitas Penerapan Tutor Sebaya dalam
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas VII SMP Negeri 1 Sawang
Kabupaten Aceh Selatan diterapkan pada materi penegakkan dan perlindungan HAM.
Penelitian ini mengkaji masalah apakah efektif penerapan tutor sebaya dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan apakah penerapan tutor sebaya
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan tutor sebaya dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa melalui penerapan tutor sebaya pada mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Sawang sebanyak 21 orang, terdiri
atas 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Efektifitas penerapan tutor sebaya
ditinjau dari 4 (empat) aspek kajian yang meliputi: (1) ketuntasan belajar, (2) aktivitas
guru dalam mengelola pembelajaran, (3) aktivitas siswa, dan (4) respon siswa terhadap
pembelajaran. Suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila keempat hal ini terpenuhi
atau paling sedikit tiga aspek terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan belajar
terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru menerapkan tutor sebaya
dalam pembelajaran PKn adalah baik dan efektif, aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran PKn dengan tutor sebaya adalah aktif dan efektif, hasil belajar siswa
mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan persentase ketuntasan 85,71% dan terjadi
peningkatan prestasi belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan tutor sebaya
dalam pembelajaran PKn adalah positif dan efektif. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa tutor sebaya efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.
Penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten
Aceh Selatan.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (rusfa adini hasibuan, 2013)
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SDRNNEGERI LAMTAMOT (DESDIANA, 2014)
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK TARI MEUSAREE-SAREE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SABANG (Rayda Muna Sharah, 2024)
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (juarnida, 2015)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018)