EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

sardiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101130013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: efektifitas, tutor sebaya, pendidikan kewarganegaraan (PKn)
Penelitian yang berjudul Efektifitas Penerapan Tutor Sebaya dalam
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas VII SMP Negeri 1 Sawang
Kabupaten Aceh Selatan diterapkan pada materi penegakkan dan perlindungan HAM.
Penelitian ini mengkaji masalah apakah efektif penerapan tutor sebaya dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan apakah penerapan tutor sebaya
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan tutor sebaya dalam
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa melalui penerapan tutor sebaya pada mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Sawang sebanyak 21 orang, terdiri
atas 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Efektifitas penerapan tutor sebaya
ditinjau dari 4 (empat) aspek kajian yang meliputi: (1) ketuntasan belajar, (2) aktivitas
guru dalam mengelola pembelajaran, (3) aktivitas siswa, dan (4) respon siswa terhadap
pembelajaran. Suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila keempat hal ini terpenuhi
atau paling sedikit tiga aspek terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan belajar
terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru menerapkan tutor sebaya
dalam pembelajaran PKn adalah baik dan efektif, aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran PKn dengan tutor sebaya adalah aktif dan efektif, hasil belajar siswa
mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan persentase ketuntasan 85,71% dan terjadi
peningkatan prestasi belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan tutor sebaya
dalam pembelajaran PKn adalah positif dan efektif. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa tutor sebaya efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.
Penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten
Aceh Selatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK