Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN (STUDI PADA DOKTER GIGI MUDA DAN PASIEN RSGM UNSYIAH)
Pengarang
Chairunnisa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1210102010153
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.914 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Judul dari penelitian ini adalah “Strategi Komunikasi Dokter Gigi Muda Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pasien”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang akan digunakan dalam meningkatkan kepercayaan pasien. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode deskripsif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori model kepercayaan kesehatan (Health Belief Model Theory). Subjek dalam penelitian ini adalah dokter gigi muda dan pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi non participant, dan dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 kepada 15 informan dengan kriteria informan yakni merupakan dokter gigi muda, sudah menangani kasus sebanyak 3 bidang, dan merupakan pasien yang telah melakukan perawatan gigi di RSGM Unsyiah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh dokter gigi muda adalah mengenali masyarakat yang akan dirawat, melakukan pendekatan dengan khalayak dan menentukan metode yang akan disampaikan, dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan khalayak dan dapat merubah sikapnya.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Dokter Gigi Muda, Kepercayaan, Pasien.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENILAIAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DENGAN PASIEN PROSTODONSIA DI RUMAH SAK.IT GIGI MULUTRN(RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahmaini, 2023)
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN (STUDI PADA DOKTER GIGI MUDA DAN PASIEN RSGM UNSYIAH) (Chairunnisa, 2017)
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER SPESIALIS GIGI ANAK TERHADAP PASIEN ANAK DI RSGM UNSYIAH (MAULINA MUTIA, 2018)
GAMBARAN PENGGUNAAN PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS (INFORMED CONSENT) PADA DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH (Sarah Fadhilla, 2017)
PERSEPSI PASIEN TENTANG PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2013 (Novita Julia, 2023)