STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN (STUDI PADA DOKTER GIGI MUDA DAN PASIEN RSGM UNSYIAH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOKTER GIGI MUDA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PASIEN (STUDI PADA DOKTER GIGI MUDA DAN PASIEN RSGM UNSYIAH)


Pengarang

Chairunnisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1210102010153

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.914 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Judul dari penelitian ini adalah “Strategi Komunikasi Dokter Gigi Muda Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pasien”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang akan digunakan dalam meningkatkan kepercayaan pasien. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode deskripsif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori model kepercayaan kesehatan (Health Belief Model Theory). Subjek dalam penelitian ini adalah dokter gigi muda dan pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi non participant, dan dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 kepada 15 informan dengan kriteria informan yakni merupakan dokter gigi muda, sudah menangani kasus sebanyak 3 bidang, dan merupakan pasien yang telah melakukan perawatan gigi di RSGM Unsyiah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh dokter gigi muda adalah mengenali masyarakat yang akan dirawat, melakukan pendekatan dengan khalayak dan menentukan metode yang akan disampaikan, dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan khalayak dan dapat merubah sikapnya.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Dokter Gigi Muda, Kepercayaan, Pasien.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK