Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Indonesia di Kelas VIII SMPN 6 Krueng Alem Kabupaten Nagan Raya | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Indonesia di Kelas VIII SMPN 6 Krueng Alem Kabupaten Nagan Raya


Pengarang

Darmawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101130041

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Quantum Teaching
Penelitian ini mengkaji tentang “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pokok Bahasan “Sistem Pemerintahan Indonesia” di Kelas VIII SMP Negeri 6 Krueng Alem Kabupaten Nagan Raya”. Metode belajar mengajar yang digunakan guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dan salah satunya adalah melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru melalui pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran quantum teaching. subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 orang SMPN 6 Krueng Alem Nagan Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data dari lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 65, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa keselurahan dalam satu ruangan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 69,8 atau terdapat 28 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 80% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 85 atau terdapat 35 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 100% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada konsep demokrasi di kelas VIII SMPN 6 Krueng Alem Nagan Raya. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran juga meningkat pada siklus pertama kemampuan dalam mengelola pembelajaran mencapai 3.00 (baik), pada siklus ke dua kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 4.00 (sangat baik). Untuk aktivitas siswa juga meningkat pada siklus pertama aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 80% (baik), pada siklus kedua aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 86% (sangat baik).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK