PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEULIMBANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEULIMBANG


Pengarang

Maryana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101130048

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Tipe Picture and Picture
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas VIII SMP Negeri Peulimbang”. Latar belakang pemilihan judul adalah siswa masih terlihat kurang termotivasi dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran sebelumnya serta hasil belajar siswa juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peulimbang pada pokok bahasan kedaulatan rakyat, untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 35 orang SMP Negeri 2 Peulimbang Kab. Bireuen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai rata-rata 65, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 69,8 atau terdapat 28 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 80% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 85 atau terdapat 35 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 100% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture siklus I memperoleh skor 3 (baik) dan siklus II memperoleh skor 4 (amat baik), aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran picture and picture pada siklus I memperoleh skor 3(baik) dan siklus II memperoleh skor 4 (amat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada pokok bahasan kedaulatan rakyat di kelas VIII SMPN 2 Peulimbang Kab. Bireuen. Model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK