EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR LINGKUNGAN UPTD SUKU I DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR LINGKUNGAN UPTD SUKU I DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Maisyarah Sulaiman - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200050027

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH
DASAR DI LINGKUNGAN UPTD SUKU I DISDIKPORA
KOTA BANDA ACEH

OLEH: MAISYARAH S
NPM : 1409200050027

Komisi Pembimbing:
1. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK
Pengawasan pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan program pengawasan, pelaksanaan program, evaluasi program, dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan tugas pengawas untuk meningkatkan mutu pendidikan pada Sekolah Dasar di Lingkungan UPTD Suku I Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan guru senior/MGMP. Hasil penelitian meliputi: (1) program pengawasan disusun secara tertulis, dibuat setiap awal tahun. Dalam penyusunan program tersebut ditentukan jadwal kunjungan ke sekolah dan adanya pengaturan waktu. Setelah hal tersebut ditentukan, baru dari pihak pengawas datang ke sekolah binaannya untuk mendiskusikan program dan membuat program supervisi bagi sekolah. Dalam hal ini pengawas dibantu oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru; (2) Pelaksanaan kegiatan pengawas dalam meningkatkan mutu pendidikan, diantaranya adalah: pelaksanaan supervisi akademik meliputi pelaksanaan observasi kelas, adanya konsultasi pribadi secara individual, adanya pembentukan kelompok diskusi mata pelajaran yang diadakan secara berkelompok, adanya pemberian pelatihan dan seminar tentang professional guru dan supervisi klinis, dan kemudian supervisi manajerial; (3) Evaluasi program pengawasan untuk meningkatkan mutu pendidikan dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu tahapan evaluasi pelaksanaan supervisi dan tahapan hasil; dan (4) Faktor pendukung: adanya dukungan Dinas Pendidikan, pembagian tugas yang jelas, adanya kantor khusus pengawas, kesigapan pengawas dalam melakukan supervisi, dan adanya hubungan dekat (mitra sejawat), sedangkan faktor penghambat: motivasi pengawas yang kurang, program tidak tepat sasaran, dan waktu yang tidak mencukupi.

Kata Kunci: Efektivitas Pengawas, dan Mutu Pendidikan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK