Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGARUH PILAR JEMBATAN PANGO TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH
Pengarang
Teuku Devansyah Putra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1309200060090
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Teknik Sipil., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
627.12
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
PENGARUH PILAR JEMBATAN PANGO TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH
Oleh :
Nama : Teuku Devansyah Putra
NIM : 1309200060090
Komisi Pembimbing :
1. Dr. Ir. Eldina Fatimah, M.Sc
2. Dr. Azmeri, ST, MT
ABSTRAK
Jembatan fly over Pango berada pada koordinat 50 32' 07.32" LU dan 950 20' 52.90” BT terletak di desa Pango Kecamatan Ulee Kareng kota Banda Aceh. Jembatan ini di bangun melintang Sungai Krueng Aceh dan pilar jembatan dibangun pada sungai sehingga terjadi penyempitan penampang sungai yang menyebabkan kecepatan aliran bertambah, Dari tinjauan lokasi penelitian pilar jembatan semakin mengalami penyempitan penampang sungai dan terjadi kerusakan tebing di sekitar belokan sungai yang berada di hilir jembatan. Bila tidak segera di tindak lanjuti dapat membahayakan fasilitas umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola aliran tanpa adanya pilar dengan adanya pilar serta untuk mengetahui perilaku pola aliran yang terjadi pada belokan sungai. Penelitian ini menggunakan program Surfacewater Modeling System versi 11.2. Panjang sungai yang di tinjau ± 500 meter. Debit aliran yang digunakan yaitu debit banjir periode ulang Q-100 tahunan yaitu 627,74 m³/detik yang melewati jembatan fly over Pango. Dari hasil simulasi sms besaran kecepatan aliran tanpa pilar pada lokasi tengah aliran pada titik tinjauan V3 dengan jarak 40 m dari tanggul sungai kecepatan maksimumnya 0,45 m/det dan besaran kecepatan aliran dengan adanya pilar jembatan pada lokasi titik tinjauan V3 dengan jarak 40 m dari tanggul sungai kecepatan maksimumnya 0,35 m/det. Pada belokan di hilir tanpa pilar besaran kecepatan aliran di titik tinjauan V6 (melintang sungai) dengan jarak 50 m dari tanggul sungai didapatkan kecepatan maksimumnya 0,83 m/det di kiri aliran sungai dan pada hilir belokan besaran kecepatan aliran tanpa pilar jembatan untuk profil memanjang sungai dengan jarak 300 m dari awal titik studi didapatkan 0,70 m/det. Sedangkan besaran kecepatan aliran pada profil melintang sungai di titik tinjauan V6 dengan jarak 50 m dari tanggul sungai dengan adanya pilar jembatan didapatkan kecepatan maksimumnya 0,95 m/det di kiri aliran sungai, Pada hilir pilar jembatan terdapat belokan sungai yang memerlukan perkuatan tebing dan perkuatan dasar agar tidak terjadi erosi di tebing sungai, sebab hal ini dapat membahayakan terhadap fasilitas umum.
Kata kunci : Pilar Jembatan, Pola aliran, Kecepatan Aliran, Software Boss Surfacewater Modeling System (SMS)
Tidak Tersedia Deskripsi
STUDI KEDALAMAN GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN SIMPANG SURABAYA KRUENG ACEH, BANDA ACEH (M Zuwansyah, 2024)
PERILAKU GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN AKIBAT BANJIR BANDANG (FLASH FLOOD ) YANG MENGANGKUT MATERIAL SEDIMEN (ARIFIANSYAH, 2024)
PERILAKU GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN AKIBAT BANJIR BANDANG (FLASH FLOOD) YANG MENGANGKUT MATERIAL DEBRIS (DIVA FITRIA, 2024)
PENGARUH PELETAKAN KRIB TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH PADA JEMBATAN PANGO (SARI REZEKI, 2019)
PERILAKU GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN AKIBAT BANJIR BANDANG (FLASH FLOOD) YANG MENGANGKUT MATERIAL SEDIMEN DAN DEBRIS (Silvya N Yolanda, 2024)