Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER
Pengarang
Isnaini - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200160038
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
ISNAINI. Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menegah Pertama melalui Model Pembelajaran Treffinger.
Kehidupan sehari-hari siswa seringkali berhadapan dengan masalah yang berkaitan dengan matematika. Pemecahanmasalahmerupakansalahsatukompetensi yang menjadifokuspembelajaranmatematika. Dalam penyelesaian masalah siswa membutuhkan kreativitas agar dapat mengembangkan imajinasi siswa sehingga dapat menghindari jawaban tunggal dan seragam pada siswa. Kreativitas merupakan suatu proses untuk menghasilkan sesuatu yang baru yang dapat diterima sebagai hal yang bermanfaat dan dapat dipertahankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 16 Banda Aceh. (2) Pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 16 Banda Aceh. (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran Treffinger dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatifdengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16
Banda Aceh dan menjadi subjek penelitian terpilih VII2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian berjumlah
3 butir soal, dengan Nilai reliabilitas sebesar 0,592. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata selisih pretest dan postest kemampuan berpikir kreatif adalah 15,67 dengan nilai standar deviasinya 18,97. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 4,523 dan nilai ttabel=2,04, berarti H1 diterima. Sehingga disimpulkanterdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 16
Banda Aceh. (2) Nilai rata-rata selisih pretest dan postest kemampuan pemecahan masalah adalah 12,07 dengan nilai standar deviasinya 7,35. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 8,989 dan nilai ttabel=2,04, berarti H2 diterima. Sehingga disimpulkanterdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 16
Banda Aceh. (3) Siswa kelas VII-2 SMP Negeri 16 Banda Aceh memberikan respon positif terhadap model pembelajaran Treffinger.
Kata Kunci: Model PembelajaranTreffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan
Kemampuan Pemecahan Masalah.
iv
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IX SMP NEGERI 2 TEUPAH SELATAN (Asia Aorefanda Rosadi, 2022)
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 18 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (Rosalina, 2015)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)