Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA
Pengarang
Fitriliana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200050017
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.201 2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA
Oleh : Fitriliana
NIM : 1409200050017
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Kompetensi manajerial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah pada SMP Terpencil Negeri 3 Bandar Baru Pidie Jaya dalam menyusun rencana kegiatan sekolah; (2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam melaksanakan rencana kegiatan sekolah pada SMP Terpencil Negeri 3 Bandar Baru Pidie Jaya; dan (3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan kompetensi manajerial pada SMP Terpencil Negeri 3 Bandar Baru Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menyusun rencana kegiatan sekolah sudah baik, hal ini terlihat dari adanya RKS, panitia PSB, struktur organisasi sekolah, struktur komite sekolah, pengelolaan keuangan sekolah, manajemen personalia, manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, dan humas, akan tetapi pada pengelolaan sarana dan prasarana, sistem informasi manajemen belum terkelola secara maksimal; (2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam melaksanakan rencana kegiatan sekolah belum sepenuhnya terlaksana dengan maksimal, hal ini terlihat pada tenaga pendidik yang jumlahnya melebihi, tidak adanya inovasi dalam metode pembelajaran, dan belum optimalnya dalam pengelolaan laboratorium dan perpustakaan; (3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan kompetensi manajerial adalah kurangnya tanggung jawab dan disiplin guru, minimnya sarana dan prasarana, dan tidak ada motivasi dari orang tua terhadap peserta didik.
Kata kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah dan Sekolah Terpencil
Tidak Tersedia Deskripsi
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH PADA SMP UNGGUL PIDIE JAYA (HUSNA, 2016)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA (MURDANI, 2014)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 2 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (JULIANTI, 2019)
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMP NEGERI 7 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (HAMIDAH, 2018)
IMPLEMENTASI PROGRAM TRIAS UKS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI-KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2020/2021 (Maryam, 2022)