KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA


Pengarang

Fitriliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200050017

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA

Oleh : Fitriliana
NIM : 1409200050017

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.

ABSTRAK

Kompetensi manajerial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah pada SMP Terpencil Negeri 3 Bandar Baru Pidie Jaya dalam menyusun rencana kegiatan sekolah; (2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam melaksanakan rencana kegiatan sekolah pada SMP Terpencil Negeri 3 Bandar Baru Pidie Jaya; dan (3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan kompetensi manajerial pada SMP Terpencil Negeri 3 Bandar Baru Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah: kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menyusun rencana kegiatan sekolah sudah baik, hal ini terlihat dari adanya RKS, panitia PSB, struktur organisasi sekolah, struktur komite sekolah, pengelolaan keuangan sekolah, manajemen personalia, manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, dan humas, akan tetapi pada pengelolaan sarana dan prasarana, sistem informasi manajemen belum terkelola secara maksimal; (2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam melaksanakan rencana kegiatan sekolah belum sepenuhnya terlaksana dengan maksimal, hal ini terlihat pada tenaga pendidik yang jumlahnya melebihi, tidak adanya inovasi dalam metode pembelajaran, dan belum optimalnya dalam pengelolaan laboratorium dan perpustakaan; (3) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam menerapkan kompetensi manajerial adalah kurangnya tanggung jawab dan disiplin guru, minimnya sarana dan prasarana, dan tidak ada motivasi dari orang tua terhadap peserta didik.

Kata kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah dan Sekolah Terpencil

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK