PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH


Pengarang

Rahmidar Purnama Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103040041

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Peta konsep, mindjet mindmanager, ikatan kimia
Penelitian yang berjudul “Penerapan Strategi Peta Konsep Berbantuan Media Mindjet Mindmanager Dalam Pembelajaran Ikatan Kimia di Kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa terhadap penerapan strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IA 1 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui lember observasi sikap siswa, soal tes pilihan ganda, lembar aktivitas, dan angket tanggapan siswa tentang proses pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi peta konsep berbantuan media mindjet mindmanager pada materi ikatan kimia adalah sebesar 77,78%. Untuk hasil observasi aktivitas siswa didapatkan persentase keseluruhan sebesar 88,83% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk persentase respon siswa terhadap penerapan strategi peta konsep berbantuan media mindjet mindmanager yaitu untuk tanggapan sangat tidak setuju sebesar 10,74%, tanggapan tidak setuju sebesar 6,29%, tanggapan ragu-ragu sebesar 6,15%, tanggapan setuju sebesar 27,78%, dan tanggapan sangat setuju sebesar 41,48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tuntas secara klasikal melalui penerapan strategi peta konsep berbantuan media mindjet mindmanager aktivitas siswa baik dan respon siswa setuju terhasap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK