Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH
Pengarang
Rahmidar Purnama Sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103040041
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Peta konsep, mindjet mindmanager, ikatan kimia
Penelitian yang berjudul “Penerapan Strategi Peta Konsep Berbantuan Media Mindjet Mindmanager Dalam Pembelajaran Ikatan Kimia di Kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa terhadap penerapan strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IA 1 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui lember observasi sikap siswa, soal tes pilihan ganda, lembar aktivitas, dan angket tanggapan siswa tentang proses pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi peta konsep berbantuan media mindjet mindmanager pada materi ikatan kimia adalah sebesar 77,78%. Untuk hasil observasi aktivitas siswa didapatkan persentase keseluruhan sebesar 88,83% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk persentase respon siswa terhadap penerapan strategi peta konsep berbantuan media mindjet mindmanager yaitu untuk tanggapan sangat tidak setuju sebesar 10,74%, tanggapan tidak setuju sebesar 6,29%, tanggapan ragu-ragu sebesar 6,15%, tanggapan setuju sebesar 27,78%, dan tanggapan sangat setuju sebesar 41,48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tuntas secara klasikal melalui penerapan strategi peta konsep berbantuan media mindjet mindmanager aktivitas siswa baik dan respon siswa setuju terhasap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALIS VEKTOR UNTUK GERAK DI SMAN.12 BANDA ACEH (Adhisty Radina, 2016)
PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING MENGGUNAKAN MINDJET MINDMANAGER PADA MATERI KONSEP MOL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Fatria Alfajar, 2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Reraliza Ulika Aulia, 2015)
PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH (annisa istiqamah, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BARCODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 14 BANDA ACEH (JUMADI, 2024)