PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUMBER DAYA ALAMTERHADAP HASIL BELAJARSISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGAR AIR ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUMBER DAYA ALAMTERHADAP HASIL BELAJARSISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGAR AIR ACEH BESAR


Pengarang

Devi susanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104110006

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Sumber Daya Alam

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Sumber Daya Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Negeri 2 pagar Air Aceh Besar”.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mencapai hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 2 Pagar Air Aceh Besar”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDNegeri 2 Pagar Air Aceh Besar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Pagar Air Aceh Besar yang berjumlah 120 siswa.Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 20 siswa.Adapun jenis pengambilan sampel dalam penelitian adalah sampling purposive.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan ? = 0,05. Setelah data diolah dengan menggunakan uji-t, diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,27> 1,73. Maka, dinyatakan H_0 ditolak dan H_1 diterima.Sehingga hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa “Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mencapai hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 2 Pagar Air Aceh Besar”, dapat diterima.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK