PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH


Pengarang

windayani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104110010

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Media asli, media gambar, hasil belajar, pesawat sederhana.
Penelitian ini berjudul “Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif yang merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh yang berjumlah 64 orang sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas Va yang berjumlah 32 orang sebagai kelas media asli dan kelas media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasil belajar pada materi pesawat sederhana. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil belajar siswa dari yang diajarkan dengan menggunakan media asli dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar diperoleh thitung sebesar 2,67 dan ttabel sebesar 1,67 sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikan ?= 0,05 dan derajat kebebasan =62, karena thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media asli dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar pada materi pesawat sederhana di SD Negeri 62 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK