Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH
Pengarang
windayani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106104110010
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Media asli, media gambar, hasil belajar, pesawat sederhana.
Penelitian ini berjudul “Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media asli dan media gambar pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif yang merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh yang berjumlah 64 orang sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas Va yang berjumlah 32 orang sebagai kelas media asli dan kelas media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasil belajar pada materi pesawat sederhana. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil belajar siswa dari yang diajarkan dengan menggunakan media asli dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar diperoleh thitung sebesar 2,67 dan ttabel sebesar 1,67 sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikan ?= 0,05 dan derajat kebebasan =62, karena thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media asli dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar pada materi pesawat sederhana di SD Negeri 62 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH. (Ahmad Fauzi, 2013)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA KERANGKA MANUSIA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT RNACEH BESAR (HUMAIRA, 2014)
KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA GAMBAR DAN NON MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 35 BANDA ACEH (Nurkhalimah, 2019)