Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya
Pengarang
Ellita - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106101130004
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran
Penelitian ini mengkaji tentang: Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, (2) Jenis media pembelajaran seperti apakah yang sering digunakan oleh guru, dan (3) Media pembelajaran bagaimana yang disenangi siswa. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, (2) Mengetahui jenis media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru, dan (3) Mengetahui media pembelajaran yang disenangi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 3 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara, dan setelah data terkumpul melalui wawancara langsung dengan informan, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hash penelitian menunjukkan (1) Hampir semua guru telah memanfaatkan media pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan efisien kepada siswa di dalam kelas, (2) Media yang sering digunakan adalah media gambar, visual, dan peta konsep untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas, dan (3) Siswa lebih menyenangi media visual, gambar, dan peta konsep. berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Kepada pihak sekolah dan instansi terkait lainnya diharapkan agar dapat menyediakan media pembelajaran secara lengkap agar guru dapat memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar dan (2) Kepada guru diharapkan lebih kreatif membuat media pembelajaran sendiri apabila sekolah tidak menyediakan media pembelajaran yang lebih memadai agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan aktifitas dan partisipasi siswa dalam belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (CERGAM) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA (RINI AULIANA, 2022)
PENERAPAN METODE-METODE PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA/SMK SEKABUPATEN NAGAN RAYA (Iswandi, 2016)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI SENI TARI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA (MAIDA ANGGIA, 2023)
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLANELGRAF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI BUNGA BANGSA NAGAN RAYA (MEISY FAHIRA, 2023)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INFOGRAFIS PADA MATERI PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ROSNIDAR, 2019)