Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya


Pengarang

Ellita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101130004

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran
Penelitian ini mengkaji tentang: Kompetensi Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, (2) Jenis media pembelajaran seperti apakah yang sering digunakan oleh guru, dan (3) Media pembelajaran bagaimana yang disenangi siswa. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran, (2) Mengetahui jenis media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru, dan (3) Mengetahui media pembelajaran yang disenangi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP Negeri 7 Kuala Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 3 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen wawancara, dan setelah data terkumpul melalui wawancara langsung dengan informan, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hash penelitian menunjukkan (1) Hampir semua guru telah memanfaatkan media pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan efisien kepada siswa di dalam kelas, (2) Media yang sering digunakan adalah media gambar, visual, dan peta konsep untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas, dan (3) Siswa lebih menyenangi media visual, gambar, dan peta konsep. berdasarkan temuan dalam penelitian ini, maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Kepada pihak sekolah dan instansi terkait lainnya diharapkan agar dapat menyediakan media pembelajaran secara lengkap agar guru dapat memanfaatkannya dalam proses belajar mengajar dan (2) Kepada guru diharapkan lebih kreatif membuat media pembelajaran sendiri apabila sekolah tidak menyediakan media pembelajaran yang lebih memadai agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan aktifitas dan partisipasi siswa dalam belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK