Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 MATA IE ACEH BESAR
Pengarang
rini fitriani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806104090010
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci : Penggunaan media grafis, Perkembangan Teknologi untuk Produksi,
Komunikasi dan Transportasi
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Grafis Pada Materi
Perkembangan Teknologi Untuk Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Bagi
Siswa Kelas IV SDN 1 Mata Ie Aceh Besar”. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif
ini mengangkat masalah “Bagaimanakah ketuntasan belajar siswa dengan
menggunakan media grafis pada materi perkembangan teknologi untuk produksi,
komunikasi, dan transportasi”, dan “Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dengan
menggunakan media grafis pada materi perkembangan teknologi untuk produksi,
komunikasi, dan transportasi”. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan ketuntasan
belajar siswa melalui penggunaan media grafis pada materi perkembangan teknologi
untuk produksi, komunikasi, dan transportasi dan untuk mendeskripsikan aktivitas
guru dan siswa melalui penggunaan media grafis pada materi perkembangan
teknologi untuk produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian ini dilakukan di
SDN 1 Mata Ie Aceh Besar, Subjek penelitiannya siswa kelas IV SDN 1 Mata Ie
Aceh Besar yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil
dari wawancara, data observasi aktivitas kegiatan guru dan siswa dan tes hasil akhir
belajar siswa. Kemampuan guru dan siswa digunakan sebagai alat untuk mengukur
kemampuan guru dan siswa dalam mengelola dan menerima pembelajaran dengan
menggunakan media grafis. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai
data, dan kemudian diolah dengan menggunakan rumus persentase, yaitu 20% dari
nilai pretest dan 77% dari nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang berbunyi “penggunaan media grafis pada materi perkembangan
teknologi untuk produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SDN 1 Mata Ie
Aceh Besar”, dapat diterima.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI
PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2
BANDA ACEH (putri faradina, 2014)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS
MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV
SDN 31 BANDA ACEH (supriadi, 2013)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE
PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI KELAS IV
SDN 16 BANDA ACEH (MASYULISA, 2013)
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS IV SD NEGERI
BUENGCALA ACEH BESAR (Veranita, 2013)
PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS IV DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Nurjani, 2014)