HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH


Pengarang

BANTA CHAIRULLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103060053

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi Alajabar

Hasil belajar sangat penting untuk melihat kemampuan siswa setelah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar berperan sebagai informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat berusaha dengan menerapkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pemebelajaran matematika yaitu metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah siswa yang belajar melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar (KKM)”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh Kota Banda Aceh pada tahun ajaran 2012/2013 telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Adapun hipotesis penelitian ini ialah hasil belajar siswa yang belajar melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar dikelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan sampel peneltian XI IA3 sebagai kelas experimen, yang berlokasi di MAN Rukoh. Pembelajaran berlangsung selama 4 kali pertemuan, pertemuan pertama sampai ketiga merupakan proses pembelajaran materi turunan fungsi aljabar. Pertemuan ke empat adalah tes hasil belajar Data yang diperoleh diolah menggunakan uji pihak kanan (sisi atas) dengan SPSS 17.0 menggunakan taraf signifikasi ?= 0,05. Hasil analisis data menunjukkan didapat rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,766 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86, 65%. berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK