Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HASIL BELAJAR MELALUI METODE PENEMUAN TRBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI MAN RUKOH
Pengarang
BANTA CHAIRULLAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806103060053
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi Alajabar
Hasil belajar sangat penting untuk melihat kemampuan siswa setelah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar berperan sebagai informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat berusaha dengan menerapkan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pemebelajaran matematika yaitu metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah siswa yang belajar melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar (KKM)”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh Kota Banda Aceh pada tahun ajaran 2012/2013 telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Adapun hipotesis penelitian ini ialah hasil belajar siswa yang belajar melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar dikelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar (KKM). Penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan sampel peneltian XI IA3 sebagai kelas experimen, yang berlokasi di MAN Rukoh. Pembelajaran berlangsung selama 4 kali pertemuan, pertemuan pertama sampai ketiga merupakan proses pembelajaran materi turunan fungsi aljabar. Pertemuan ke empat adalah tes hasil belajar Data yang diperoleh diolah menggunakan uji pihak kanan (sisi atas) dengan SPSS 17.0 menggunakan taraf signifikasi ?= 0,05. Hasil analisis data menunjukkan didapat rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,766 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86, 65%. berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa melalui metode penemuan terbimbing pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MAN Rukoh telah mencapai ketuntasan belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rosika Wahyuni, 2019)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMPN 16 TAKENGON (Nimatul Salamah, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)
PEMBELAJARAN MATERI TURUNAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Nurul Zikriah, 2024)
HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI INTEGRAL TAK TENTU DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Fadhilla Salsabila, 2023)