PELAKSANAAN STANDAR CASE MANAGEMENT OLEH CASE MANAGER DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PELAKSANAAN STANDAR CASE MANAGEMENT OLEH CASE MANAGER DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Noviasari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101020116

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
11 Januari 2017

XVI Halaman + VI BAB + 76 Halaman + 18 Tabel + 1 Skema + 15 Lampiran

NOVIASARI
1207101020116
PELAKSANAAN STANDAR CASE MANAGEMENT OLEH CASE
MANAGER DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH
dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

ABSTRAK

Case manager bertanggung jawab terhadap program case management.
Kehadiaran case manager di rumah sakit diharapkan dapat mempermudah
menanggani kasus per kasus yang terjadi di rumah sakit. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pelaksanaan standar case management oleh case
manager di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin
Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional
study. Populasi penelitian seluruh case manager yang bertugas di Ruang Rawat
Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yaitu sebanyak
21 orang, pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling
sebanyak 21 responden. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan
analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan standar case
management oleh case manager di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum
Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh mayoritas terlaksana sebanyak 95,2%
yang dibagi dalam 15 standar subvariabel yaitu proses seleksi klien terlaksana
(85,7%), penilaian klien terlaksana (95,2%), masalah/identifikasi peluang
terlaksana (100%), perencanaan terlaksana terlaksana (90,5%), monitoring
terlaksana (100,0%), hasil terlaksana (100,0%), penghentian layanan terlaksana
(66,7%), fasilitasi, koordinasi, dan kolaborasi terlaksana (100,0%), kualifikasi
tidak terlaksana terlaksana (71,4%), hukum terlaksana (100,0%), etika terlaksana
(100,0%), pembelaan terlaksana (95,2%), budaya kompetensi tidak terlaksana
(66,7%), pengelolaan sumber daya dan pelayanan tidak terlaksana (52,4%),
penelitian dan pemanfaatan penelitian tidak terlaksana (57,1%). Diharapkan dapat
meningkatkan kinerja case manager dalam pelaksanaan case management seperti
memberikan pelatihan case management dan kompetensi multikultural,
bertanggung jawab dalam mengidentifikasi dan mengevalusi sarana dan prasana,
serta mengembangkan potensi case manager melalui kegiatan penelitian.

Kata Kunci : Pelaksanaan, Case Management, Case Manager
Daftar Bacaan : 19 buku, 15 jurnal, 2 sumber online, 2 penelitian (2000-2014)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK