Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PELAKSANAAN STANDAR CASE MANAGEMENT OLEH CASE MANAGER DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
Pengarang
Noviasari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1207101020116
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
11 Januari 2017
XVI Halaman + VI BAB + 76 Halaman + 18 Tabel + 1 Skema + 15 Lampiran
NOVIASARI
1207101020116
PELAKSANAAN STANDAR CASE MANAGEMENT OLEH CASE
MANAGER DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH
dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
ABSTRAK
Case manager bertanggung jawab terhadap program case management.
Kehadiaran case manager di rumah sakit diharapkan dapat mempermudah
menanggani kasus per kasus yang terjadi di rumah sakit. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pelaksanaan standar case management oleh case
manager di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin
Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional
study. Populasi penelitian seluruh case manager yang bertugas di Ruang Rawat
Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yaitu sebanyak
21 orang, pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling
sebanyak 21 responden. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan
analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan standar case
management oleh case manager di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum
Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh mayoritas terlaksana sebanyak 95,2%
yang dibagi dalam 15 standar subvariabel yaitu proses seleksi klien terlaksana
(85,7%), penilaian klien terlaksana (95,2%), masalah/identifikasi peluang
terlaksana (100%), perencanaan terlaksana terlaksana (90,5%), monitoring
terlaksana (100,0%), hasil terlaksana (100,0%), penghentian layanan terlaksana
(66,7%), fasilitasi, koordinasi, dan kolaborasi terlaksana (100,0%), kualifikasi
tidak terlaksana terlaksana (71,4%), hukum terlaksana (100,0%), etika terlaksana
(100,0%), pembelaan terlaksana (95,2%), budaya kompetensi tidak terlaksana
(66,7%), pengelolaan sumber daya dan pelayanan tidak terlaksana (52,4%),
penelitian dan pemanfaatan penelitian tidak terlaksana (57,1%). Diharapkan dapat
meningkatkan kinerja case manager dalam pelaksanaan case management seperti
memberikan pelatihan case management dan kompetensi multikultural,
bertanggung jawab dalam mengidentifikasi dan mengevalusi sarana dan prasana,
serta mengembangkan potensi case manager melalui kegiatan penelitian.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Case Management, Case Manager
Daftar Bacaan : 19 buku, 15 jurnal, 2 sumber online, 2 penelitian (2000-2014)
Tidak Tersedia Deskripsi
STUDI FENOMENOLOGI: PENGALAMAN CASE MANAGER DALAM MELAKSANAKAN CASE MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA LANGSA (AFRILIA FAZRINA, 2021)
STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)
GAMBARAN PELAKSANAAN METODE PENDIDIKAN KESEHATAN PADA DISCHARGE PLANNING OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2017 (Mislaini, 2017)
HUBUNGAN FUNGSI PENGORGANISASIAN KEPALA RUANG DENGAN PENGELOLAAN RUANG RAWAT YANG DIPERSEPSIKAN PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT
UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
TAHUN 2013 (Husaimi, 2014)
GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)