PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

putri faradina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040049

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Media Audio Visual, Ketuntasan Belajar, Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi

Penelitian ini berjudul “Pengunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah penggunaan media audio visual dapat mencapai ketuntasan belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi di kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Media Audio Visual pada materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 31 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah Eksperiment Semu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data tes hasil belajar khususnya materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi. Nilai yang di dapat inilah yang di ambil sebagai data. Kemudian data diolah dengan menggunakan rumus persentase. Nilai rata-rata hasil tes siswa adalah 82,41. Siswa yang tuntas belajar adalah 94% yaitu sebanyak 29 siswa dan dan siswa yang tidak tuntas 6% yaitu sebanyak 2 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual terhadap ketuntasan belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK