PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD GUGUS LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD GUGUS LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

NUR AFNIDAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706104040070

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci :Peran guru IPS, memotivasi belajar

Penelitian ini berjudul "Peran Guru dalam Memotivasi Belajar IPS pada Siswa SD Gugus Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar". Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru IPS dalam memotivasi belajar siswa SD Gugus Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD mata pelajaran IPS di Gugus Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar yang terdiri dari 5 SD berjumlah 12 orang guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ada menggunakan RPP pada saat mengajar IPS. Guru ada memberi hukuman jika anak tidak belajar. Guru sering menggunakan alat peraga/media supaya siswa termotivasi untuk belajar. Kesimpulan yaitu peran guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu cara guru memotivasi siswa dalam pembelajaran, guru memberikan tujuan belajar kepada siswa, guru menggunakan metode yang bervariasi supaya siswa termotivasi dalam pembelajaran IPS, untuk menumbuhkan minat belajar siswa, guru pernah mendekati atau memberi sentuhan kepada siswa, membantu kesulitan siswa dalam belajar dengan cara pemberian tugas, memberi pujian agar siswa ingin belajar IPS, mengajak siswa yang mendapatkan nilai kurang dengan melakukan remedial.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK