Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MTSN MODEL BANDA ACEH
Pengarang
Yuwinda Ardila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206104030017
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
738.142
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ardila, Yuwinda. 2016. Penerapan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di MTsN Model Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Drs. Said Nurdin, M.Si (2) Dra. Nurhasanah, M.Pd
Kata kunci: Teknik Modeling Simbolik, Keterampilan Sosial
Penelitian berjudul “Penerapan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di MTsN Model Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan teknik modeling simbolik dalam meningkatkan keterampilan sosial pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang dilaksanakan di MTsN Model Banda Aceh dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik yang diambil dari 34 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Eksperimen dilakukan sebanyak 11 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala angket keterampilan sosial yang terdiri dari 4 skala. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kuantitatif berupa statistik sign-test dengan sampel besar menggunakan rumus Z-score dan analisis kualitatif berupa observasi. Hasil analisis data kuantitatif menunjukan bahwa harga thitung > ttabel yaitu 3.87 > 1.96 pada taraf signifikan 0.05, maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini Ha diterima. Hasil analisis data kualitatif menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku keterampilan sosial pada siswa secara bertahap serta adanya keberanian pada siswa untuk melawan segala bentuk perilaku keterampilan sosial rendah yang dialami. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik modeling simbolik dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH) (ARIYANA RUSTAM, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH (QURRATUL AINI, 2015)
PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (NURUL AGUSTINA, 2018)
EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)