Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KESANTUNAN TINDAK TUTUR GURU MADRASAH ALIYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA DALAM PEMBELAJARAN
Pengarang
Maulidawati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1209200100004
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : program studi magister pendidikan bahasa dan sastra indonesia., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.404 6
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Maulidawati, 2016. Kesantunan Tindak Tutur Guru Madrasah Aliyah Ruhul Islam
Anak Bangsa dalam Pembelajaran. Tesis, Program Studi Magister
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas
Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. dan (2) Dr. Wildan,
M.Pd.
Kata Kunci: kesantunan, tindak tutur, guru
Penelitian ini bertujuan menganalisis wujud kesantunan tindak tutur,
mengidentifikasi jenis tindak tutur, mendeskripsikan penyimpangan terhadap prinsip-
prinsip kesantunan tindak tutur guru Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa
dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari tindak
tutur guru dengan mata pelajaran yang bervariasi dan kelas yang berbeda. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap,
peneliti tidak terlibat komunikasi antara guru dan siswa, peneliti hanya menjadi
pengamat penuh dalam penggunaan bahasa guru dalam pembelajaran di kelas. Jadi,
untuk melakukan pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 teknik yang
digunakan, yaitu simak, yang didukung dengan teknik rekam dan catat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa maksim-maksim yang dipatuhi oleh guru Madrasah
Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa, antara lain: maksim kebijaksanaan, maksim
pemufakatan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kedermawanan,
dan maksim kesimpatian. Tuturan tersebut dituturkan dengan menggunakan tindak
tutur direktif, tindak tutur representatif, tindak tutur deklarasi, tindak tutur ekspresif.
Penyimpangan terhadap prinsip kesantunan tindak tutur yang ditemukan adalah
penyimpangan karena tidak adanya pemakaian kata honorifik, pemakaian kata tabu,
dan kesalahan penggunaan kata ganti untuk orang tua atau orang yang lebih tua.
Berdasarkan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa guru Madrasah Aliyah Ruhul
Islam Anak Bangsa santun dalam bertindak tutur.
Tidak Tersedia Deskripsi
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MADRASAH ALIYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA (Nilazarni, 2013)
PEMASARAN SEKOLAH DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA RUHUL ISLAM ANAK BANGSA ACEH BESAR (Denni Aulia, 2024)
HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN SINDROMA DISPEPSIA PADA SISWA/I MADRASAH ALIYAH DAYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA MATA IE ACEH BESAR (muhammad masykur, 2014)
PENGARUH SELF EFFICACY DAN KEADILAPROSEDURAL TERHADAP EXTRA ROLE BEHAVIOUR GURU (STUDI PADA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI BANDA ACEH) (SALMA SAHARA, 2018)
PUMPING TEACHER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-ACEH TENGAH (Alvin Seberdi, 2021)