KESANTUNAN TINDAK TUTUR GURU MADRASAH ALIYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA DALAM PEMBELAJARAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KESANTUNAN TINDAK TUTUR GURU MADRASAH ALIYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA DALAM PEMBELAJARAN


Pengarang

Maulidawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200100004

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : program studi magister pendidikan bahasa dan sastra indonesia., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.404 6

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Maulidawati, 2016. Kesantunan Tindak Tutur Guru Madrasah Aliyah Ruhul Islam
Anak Bangsa dalam Pembelajaran. Tesis, Program Studi Magister
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas
Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. dan (2) Dr. Wildan,
M.Pd.
Kata Kunci: kesantunan, tindak tutur, guru
Penelitian ini bertujuan menganalisis wujud kesantunan tindak tutur,
mengidentifikasi jenis tindak tutur, mendeskripsikan penyimpangan terhadap prinsip-
prinsip kesantunan tindak tutur guru Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa
dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari tindak
tutur guru dengan mata pelajaran yang bervariasi dan kelas yang berbeda. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap,
peneliti tidak terlibat komunikasi antara guru dan siswa, peneliti hanya menjadi
pengamat penuh dalam penggunaan bahasa guru dalam pembelajaran di kelas. Jadi,
untuk melakukan pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 teknik yang
digunakan, yaitu simak, yang didukung dengan teknik rekam dan catat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa maksim-maksim yang dipatuhi oleh guru Madrasah
Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa, antara lain: maksim kebijaksanaan, maksim
pemufakatan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kedermawanan,
dan maksim kesimpatian. Tuturan tersebut dituturkan dengan menggunakan tindak
tutur direktif, tindak tutur representatif, tindak tutur deklarasi, tindak tutur ekspresif.
Penyimpangan terhadap prinsip kesantunan tindak tutur yang ditemukan adalah
penyimpangan karena tidak adanya pemakaian kata honorifik, pemakaian kata tabu,
dan kesalahan penggunaan kata ganti untuk orang tua atau orang yang lebih tua.
Berdasarkan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa guru Madrasah Aliyah Ruhul
Islam Anak Bangsa santun dalam bertindak tutur.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK