NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

NOTICING (PERHATIAN) GURU PADA PEMBELAJARAN DESIMAL MELALUI VIDEO


Pengarang

INTAN SARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160008

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Profesionalitas menuntut guru memiliki kemampuan mengindentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan prinsip pembelajaran umum. Kemampuan tersebut dikenal dengan istilah noticing. Kemampuan ini berguna untuk menangani situasi kelas yang terjadi secara bersamaan, mengakomodir kebutuhan siswa, dan melibatkan siswa selama pembelajaran. Namun kenyataannya kemampuan noticing guru belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru 1) mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri, 2) menginterpretasinya, dan 3) membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan seorang guru mitra dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai subjek. Data penelitian ini berupa kemampuan guru mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam video pembelajaran, menginterpretasinya, dan membuat koneksinya dengan karakteristik matematika realistik. Data tersebut dikumpulkan melalui angket terbuka dan wawancara semi terstruktur yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan subjek mengidentifikasi situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri bervariasi. Pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan guru daripada siswa, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek lebih mengidentifikasi situasi/kejadian yang berkaitan dengan siswa daripada guru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa subjek menginterpretasi secara mendalam situasi/kejadian penting dalam pembelajaran desimal melalui video pembelajarannya sendiri. Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kemampuan subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan karakteristik matematika realistik bervariasi. Pada video pertemuan ke-1 dan 2, subjek membuat koneksi antara situasi/kejadian penting dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran dan interaksi, sedangkan pada pertemuan ke-3 subjek membuat koneksi dengan dua karakteristik matematika realistik yaitu masalah kontekstual yang diajukan di awal pembelajaran, strategi/kontribusi, dan intertwin. Implikasi penelitian ini yaitu perlunya pada setiap pelatihan guru memberikan perhatian khusus terhadap aspek noticing sehingga menumbuhkan pemahaman guru tentang pentingnya noticing.

Kata kunci: Noticing, guru, bilangan desimal, video pembelajaran

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK