PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERINTEGRASI TEORI KONSTRUKTIVISMEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-1 MTS NEGERI TUNGKOB | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERINTEGRASI TEORI KONSTRUKTIVISMEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-1 MTS NEGERI TUNGKOB


Pengarang

Nafilah Risha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Risha, Nafilah. 2016.Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terintegrasi Teori Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri Tungkob.Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Tarmizi Hamid, M.Pd., (2) Dr. Saminan, M.Pd.
Kata kunci : Model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme, hasil belajar

Rendahnya hasil belajar fisika siswa di MTs Negeri Tungkob dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah penerapan metode atau model pembelajaran tidak sesuai dengan materi yang disampaikan guru. Penelitianini bertujuan untuk mengetahuiaktivitas guru dan siswa,keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran,hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tidakan Kelas dengan pendekatan statistikdeskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Negeri Tungkob tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36siswa.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase.
Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan aktivitas guru dan siswa,peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, maupun peningkatan hasil belajar siswa.Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivismecenderung positif.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivismedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pesawat Sederhana.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK