Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) TERINTEGRASI TEORI KONSTRUKTIVISMEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-1 MTS NEGERI TUNGKOB
Pengarang
Nafilah Risha - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206103030045
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Risha, Nafilah. 2016.Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terintegrasi Teori Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-1 MTs Negeri Tungkob.Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Tarmizi Hamid, M.Pd., (2) Dr. Saminan, M.Pd.
Kata kunci : Model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme, hasil belajar
Rendahnya hasil belajar fisika siswa di MTs Negeri Tungkob dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah penerapan metode atau model pembelajaran tidak sesuai dengan materi yang disampaikan guru. Penelitianini bertujuan untuk mengetahuiaktivitas guru dan siswa,keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran,hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivisme dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tidakan Kelas dengan pendekatan statistikdeskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Negeri Tungkob tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36siswa.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase.
Hasil penelitian menunjukkanadanya peningkatan aktivitas guru dan siswa,peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, maupun peningkatan hasil belajar siswa.Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivismecenderung positif.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi teori konstruktivismedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pesawat Sederhana.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASIONAL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIRN DI MTSN TUNGKOB (yettika sari elvia, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (PUTRI DELIMA, 2020)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL BAITUSSALAM (Noni Surisma, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK RNMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI RNPESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-6 RNMTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Nurul Sakdah, 2015)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Zulfina, 2017)