PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MTSN 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI MTSN 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA


Pengarang

Chairul Fuadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200150049

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Chairul Fuadi, 2014. Perbedaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di MTsN I Teunom Kabupaten Aceh Jaya.
Pembimbing I Dr. Abdullah, M.Si,. Pembimbing II Dr. Evi Apriana, M.Pd.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember 2014. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya. sampel penelitian untuk kelas tipe STAD adalah kelas VIII A sebanyak 27 orang dan kelas PBL adalah kelas VIII B sebanyak 27 orang. Analisis data tentang perbedaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model PBL terhadap peningkatan pemahaman konsep dan motivasi dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain pemahaman konsep diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (4,22 > 2,00), sehingga terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBl, sedangkan nilai N-Gain motivasi diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (6,85 > 2,00), terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBL. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model PBL memiliki pemahaman konsep dan motivasi yang lebih baik, karena model PBL dapat mengaktifkan siswa dalam membangun konsep-konsep yang baru melalui masalah yang dipecahkan dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), pembelajaran kooperatif tipe STAD, pemahaman konsep, motivasi belajar, sistem pencernaan makanan


ABSTRACT
Chairul Fuadi, 2014. Comparison of STAD-Cooperative Learning and PBL Model to Improve Concept Understanding and Student Motivation In The Concept of Food Digestive System at MTsN 1 Teunom Aceh Jaya.

Advisor I, Dr. Abdullah, M. Si. Advisor II, Dr. Evi Apriana, M. Pd.

ABSTRACT

This research was aimed to determine differences and increase understanding of the concept and student motivation through the implementation of STAD-cooperative learning and Problem Based Learning (PBL) in The Concept of Food Digestive System. The research was conducted from November to December 2014. The method used the experimental method with pretest-posttest control group design. The population in this research were all students of class VIII MTsN 1 Teunom Aceh Jaya. The sample was class VIII A of 27 people by STAD and class VIII B of 27 people by PBL. Analysis of data on differences in the implementation of STAD-cooperative learning and PBL model to increase understanding of the concept and motivation performed by t-test. The results showed that understanding the concept of obtained value t-test > t-table (4.22 > 2.00), so that there is a significant increase in the students' understanding of the concept of the implementation of STAD-cooperative learning and PBL, while the motivation value obtained value t-test > t-table (6.85 > 2.00), there is a significant increase in student motivation with the implementation of STAD-cooperative learning and PBL. It can be concluded that students who are taught by PBL model have an understanding of concepts and motivations better, because the model PBL can enable students to construct new concepts through which solved the problem of the students taught by STAD-cooperative learning.

Keywords : Problem Based Learning (PBL), STAD-Cooperative Learning, Concept Understanding, Motivation and Food Digestive System.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK