ANALISIS SOAL PENALARAN PROPORSIONAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS SOAL PENALARAN PROPORSIONAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013


Pengarang

Sri Yusniarti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160062

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.26

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Sri Yusniarti (2017). Analisis Soal Penalaran Proporsional pada Buku Teks
Matematika SMP Kurikulum 2013.


Rasionalisasi pengembangan kurikulum di Indonesia didasari pada tantangan
internal dan eksternal. Salah satu tantangan eksternal adalah rendahnya prestasi siswa
Indonesia pada asesmen internasional. Hal tersebut dikarenakan siswa Indonesia
tidak terbiasa dengan bentuk soal-soal yang digunakan dalam asesmen tersebut.
Salah satu bentuk soal dalam asesmen tersebut adalah soal penalaran, khususnya
penalaran proporsional. Soal-soal penalaran proporsional merupakan bagian dari
soal-soal yang terdapat pada buku teks matematika dan di berbagai pokok bahasan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi distribusi soal penalaran
proporsional yang terdapat pada buku teks Kurikulum 2013 dan mengetahui
tingkatan kognitif soal penalaran proporsional yang terdapat pada buku teks
kurikulum 2013 kelas VII dan VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif karena bertujuan untuk mengidentifikasi distribusi dan Level of
Cognitive Demands (LCD) dari soal-soal penalaran proporsional yang terdapat pada
buku teks Kurikulum 2013 kelas VII dan VIII edisi revisi 2014. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara mengidentifikasi soal-soal penalaran proporsional yang
terdapat pada keseluruhan pokok bahasan (bab) buku teks tersebut yang selanjutnya
dianalisis dan diklasifikasi menggunakan kriteria LCD Smith dan Stein. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa distribusi soal-soal penalaran proporsional tidak
merata pada buku teks kelas VII dan VIII. Soal penalaran proporsional hanya
terdapat pada empat pokok bahasan, yaitu Perbandingan (kelas VII semester 1),
Segiempat dan Segitiga (kelas VII semester 2), Persamaan Garis Lurus (kelas VIII
Semester 1) dan Perbandingan (kelas VIII semester 2). Setiap soal penalaran
proporsional tersebut berada pada tingkatan LCD yang berbeda, yaitu Lower-LCD
(Low-M dan Low-P) dan Higher-LCD (High-P dan High-DM). Pada buku teks
matematika kelas VII semester 1 terdapat 29 soal penalaran proporsional yang terdiri
atas 17 soal Lower-LCD dan 12 soal Higher-LCD, sedangkan pada buku teks
matematika kelas VII semester 2 terdapat empat soal penalaran proporsional yang
terdiri atas dua soal Lower-LCD dan dua soal Higher-LCD. Pada buku teks
matematika kelas VIII semester 1 terdapat 12 soal penalaran proporsional yang
terdiri atas dua soal Lower-LCD dan 10 soal Higher-LCD sedangkan pada buku teks
matematika kelas VIII semester 2 terdapat 18 soal penalaran proporsional yang
terdiri atas tujuh soal lower-LCD dan 11 soal higher-LCD.



Kata kunci: Buku teks, Soal penalaran proporsional, Level of cognitive demands,
Kurikulum 2013

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK