KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING


Pengarang

Rika Silviani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200160012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Rika Silviani. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Matematika
melalui Model Problem Based Learning pada Siswa SMP.

Kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan kurang diperhatikan dalam
pelaksanaan pembelajaran matematika. Siswa kurang dilatih mengerjakan soal yang
berkaitan dengan memecahkan masalah. Guru kurang memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menyelesaikan soal yang dapat menggali kreatifitas siswa, sehingga siswa
kurang berminat dalam menyelesaikan soal matematika yang membutuhkan banyak
strategi. Keadaan ini mengakibatkan siswa bergantung kepada guru. Guru menjadi satusatunya

sumber belajar bagi siswa, sehingga menyebabkan siswa tidak memiliki
kemandirian belajar. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pentingnya
kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika, diperlukan upaya untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar dengan menciptakan
pembelajaran matematika yang melibatkan siswa aktif yaitu dengan menerapkan model
Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan
kemampuan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran model PBL, (2)
mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah memperoleh
pembelajaran model PBL, dan (3) mendeskripsikan kemandirian belajar siswa selama
proses pembelajaran model PBL. Penelitian ini menggunakan penelitian metode
campuran (mixed methods) dengan strategi embedded konkuren. Sampel dipilih secara
random sampling yaitu siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 28 orang dari seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh
data kemampuan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran dengan model PBL
berupa tes uraian harian dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh
data peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah memperoleh pembelajaran
dengan model PBL berupa tes awal (pretes) dan tes akhir (postes), serta instrumen yang
digunakan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa selama proses
pembelajaran model PBL berupa angket. Analisis data hasil tes uraian harian dan
observasi kemampuan berpikir kreatif menggunakan rubrik penilaian kemampuan
berpikir kreatif dengan metode deskriptif kualitatif, hasil pretes-postes dianalisis dengan
uji statistik menggunakan Software SPSS versi 22 for Windows, dan hasil angket
kemandirian belajar dianalisis menggunakan skala Likert dan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa kreatif dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan selama proses pembelajaran model PBL. Seterusnya, terdapat peningkatan
kemampuan berpikir kreatif siswa setelah memperoleh pembelajaran model PBL. Hasil
penelitian ini juga menunjukkan siswa memiliki kemandirian belajar selama proses
pembelajaran model PBL. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan
berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa meningkat melalui PBL. Oleh karena itu,
guru diharapkan dapat memperluas penerapan PBL pada materi lain sebagai upaya
membiasakan siswa untuk dapat berpikir kreatif dan mengembangkan kemandirian
belajar dalam menyelesaikan masalah matematika.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif, dan
Kemandirian Belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK