KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 5 LHOKSEUMAWE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 5 LHOKSEUMAWE


Pengarang

Haslina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200050019

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
PADASMANEGERI 5 LHOKSEUMAWE


Oleh : Haslina
NIM : 1409200050019

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd
ABSTRAK
Kinerja guru menjadi suatu keharusan dalam peningkatan kualitas layanan pembelajaran yang mencakup pelaksanaan kurikulum untuk semua komponen mata pembelajaran. Kurikulum merupakan kumpulan: isi, tujuan, dan cara yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dan hambatan yang dihadapi guru SMA Negeri 5 Lhokseumawe dalam implementasi Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendamping K-13 dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran dalam Kurikulum 2013 sudah baik, namun belum optimal dalam perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian khususnya pengelolaan waktu dalam pembelajaran kurang efektif dan penggunaan penilaian belum autentik; (2) Motivasi guru dalam Implementasi K-13 sudah tinggi bila di lihat dari pelaksanaan tugas dan tanggung jawab moral dalam mengajar; (3) Komitmen dan Tanggung Jawab guru dalam implementasi K-13 juga terlihat baik dengan menunjukkan kepribadian, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas mengajar; (4) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 antara lain: (a) koordinasi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk terwujudnya penerapan K-13 sudah tepat sasaran; (b) komunikasi yang baik antara berbagai bagian dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 sudah dilakukan; dan (c) supervisi kepala sekolah dan guru pendamping terhadap guru SMAN 5 Lhokseumawe belum optimal dalam proses pembelajaran dan penilaian.

Kata Kunci: Kinerja Guru dan Kurikulum 2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK