Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 5 LHOKSEUMAWE
Pengarang
Haslina - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200050019
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
PADASMANEGERI 5 LHOKSEUMAWE
Oleh : Haslina
NIM : 1409200050019
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd
ABSTRAK
Kinerja guru menjadi suatu keharusan dalam peningkatan kualitas layanan pembelajaran yang mencakup pelaksanaan kurikulum untuk semua komponen mata pembelajaran. Kurikulum merupakan kumpulan: isi, tujuan, dan cara yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dan hambatan yang dihadapi guru SMA Negeri 5 Lhokseumawe dalam implementasi Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendamping K-13 dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran dalam Kurikulum 2013 sudah baik, namun belum optimal dalam perencanaan, proses pembelajaran, dan penilaian khususnya pengelolaan waktu dalam pembelajaran kurang efektif dan penggunaan penilaian belum autentik; (2) Motivasi guru dalam Implementasi K-13 sudah tinggi bila di lihat dari pelaksanaan tugas dan tanggung jawab moral dalam mengajar; (3) Komitmen dan Tanggung Jawab guru dalam implementasi K-13 juga terlihat baik dengan menunjukkan kepribadian, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas mengajar; (4) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 antara lain: (a) koordinasi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk terwujudnya penerapan K-13 sudah tepat sasaran; (b) komunikasi yang baik antara berbagai bagian dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 sudah dilakukan; dan (c) supervisi kepala sekolah dan guru pendamping terhadap guru SMAN 5 Lhokseumawe belum optimal dalam proses pembelajaran dan penilaian.
Kata Kunci: Kinerja Guru dan Kurikulum 2013.
Tidak Tersedia Deskripsi
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 21 BANDA ACEH (Herdiana, 2021)
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI SENI TARI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Yeni Zuryaningsih, 2015)
TEACHERS’ IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN TEACHING ENGLISH FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A CASE STUDY AT STATE SENIOR HIGH SCHOOLS IN LHOKSEUMAWE) (HALAWATIL IMAN, 2021)
STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU BIOLOGI YANG BELUM SERTIFIKASI DENGAN GURU BIOLOGI YANG SUDAH SERTIFIKASI PADA SMA NEGERI RAYON 01 KABUPATEN PIDIE (M. Nasir, 2015)
PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 MONTASIK (Inas Maghfira, 2024)