PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Sri Wahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103040075

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Eksperimen, Hasil belajar, Kelarutan
dan hasil kali kelarutan.

Telah dilakukan penelitian yang berjudul penerepan model Problem Based
Learning (PBL) berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa dengan penerapan model PBL berbasis
eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif, penelitian ini berfokus pada hasil belajar
siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbasis eksperimen
pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI
MIA 2 yang berjumlah 31 orang, terdiri 12 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa
perempuan. Hasil belajar siswa dinilai dari 3 ranah yaitu: pengetahuan, keterampilan
dan sikap diperoleh persentase 81,18%. Aktivitas siswa dengan menggunakan model
PBL berbasis eksperimen pada pertemuan pertama 84,09%, pertemuan kedua
85,42%, pertemuan ketiga 85,42% dan pada pertemuan keempat 85,42%. Respon
siswa terhadap model PBL berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali
kelarutan diperoleh 84,56%. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL
berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelarutan
dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK