Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
Sri Wahyuni - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103040075
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Eksperimen, Hasil belajar, Kelarutan
dan hasil kali kelarutan.
Telah dilakukan penelitian yang berjudul penerepan model Problem Based
Learning (PBL) berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa dengan penerapan model PBL berbasis
eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif, penelitian ini berfokus pada hasil belajar
siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbasis eksperimen
pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI
MIA 2 yang berjumlah 31 orang, terdiri 12 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa
perempuan. Hasil belajar siswa dinilai dari 3 ranah yaitu: pengetahuan, keterampilan
dan sikap diperoleh persentase 81,18%. Aktivitas siswa dengan menggunakan model
PBL berbasis eksperimen pada pertemuan pertama 84,09%, pertemuan kedua
85,42%, pertemuan ketiga 85,42% dan pada pertemuan keempat 85,42%. Respon
siswa terhadap model PBL berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali
kelarutan diperoleh 84,56%. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL
berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelarutan
dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DIKELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Dara khaliza zia, 2015)
PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) BERBASIS LIFE SKILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM (RINI YULIA, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR (Fitriani, 2016)
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015)