Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH
Pengarang
Cut Putro - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1409200050009
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : prog. studi magister administrasi pendidikan., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.2
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK
DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN
BANDA ACEH
Oleh : Cut Putro
Nim : 1409200050009
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr.Murniati AR, M.Pd.
2. Dr. Bahrun, M.Pd.
ABSTRAK
Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan karena guru paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas peserta didik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru seni budaya serta peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan dirumuskan sesuai dengan kurikulum 2013 tetapi masih perlu perbaikan lagi untuk menuju ke arah yang baik. Perencanaan dirumuskan oleh guru dalam administrasi pengajaran seperti silabus, RPP, PBM, program tahunan, program semester, minggu efektif, analisis butir soal. (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru seni budaya belum sepenuhnya sesuai dengan yang tertulis dalam perencanaan pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran seni budaya tidak terarah sebagaimana yang telah diprogramkan,Penilaian yang dilakukan oleh guru tersebut tidak dilakukan berdasarkan program tindak lanjut dan terkesan direka-reka. (4) faktor penunjang pembelajaran seni budaya dalam meningkatkan kreativitas peserta didik ini ialah faktor internal dari peserta didik sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya ialah sarana dan prasarana yang kurang memadai, pelaksanaan dua kurikulum yaitu kurikulum sekolah dan kurikulum dayah.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Cut Putro, 2016)
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA MASA COVID 19 DI SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL PUTRI BANDA ACEH (RAYSA HIYAL ULYA, 2021)
PENERAPAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) DIPADU PDEODE TERHADAP KREATIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN KOTA BANDA ACEH (SYUKRIAH, 2019)
PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KARYA MONTASE DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENERUT (Tati Erna, 2021)
PEMANFAATAN BAHAN ALAM DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA KARYA SENI GRAFIS/MENCETAK DI KELAS III SD NEGERI TEUPIN GAJAH ACEH SELATAN (MIRNA LISA, 2021)