PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LKPD KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LKPD KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH


Pengarang

Meini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200150024

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Meini, Judul. Pengaruh Pembelajaran Berbasis LKPD Konstruktivistik Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Konsep Makanan dan Sistem Pencernaan di SMAN 12 Banda Aceh.
Pembimbing I, Dr. Hasanuddin, M. Si. Pembimbing II, Dr. Djufri, M. Si.

ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis LKPD konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif dan mengetahui peningkatan afektif, psikomotorik dan motivasi siswa pada konsep makanan dan sistem pencernaan telah dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2015 di SMAN 12 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 12 Banda Aceh dengan sampel berjumlah 36 siswa. Parameter yang diukur adalah hasil belajar dan motivasi siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan rubrik penilaian. Data dianalisis menggunakan uji-t (Independent Sample t-Test) dan analisis deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 37,2. Ada peningkatan yang signifikan atau berbeda nyata, Ha diterima (t-hitung 24,69 > t-tabel 1,994). Afektif dan motivasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis LKPD konstruktivistik berada pada kategori baik sekali (81.6% dan 83.1%) sedangkan psikomotorik siswa berada pada kategori baik (79.6%). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis LKPD konstruktivistik pada konsep makanan dan sistem pencernaan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan dapat meningkatkan afektif, psikomotorik dan motivasi siswa.

Kata Kunci: LKPD, Hasil Belajar, Motivasi Siswa, Makanan dan Sistem Pencernaan.










Meini. Title. The Effect of LKPD Constructivistic-Based Learning on Learning Outcomes and Student Motivation on The Concept of Food and The Digestive System In SMAN 12 Banda Aceh.
Supervisor I, Dr. Hasanuddin, M. Si. Supervisor II, Dr. Djufri, M. Si.

ABSTRACT

The research aimed to determine the effect of LKPD constructivistic-based learning to cognitive learning outcomes of students and determine the increase cognitive affective, psychomotor and student motivation on the concept of food and the digestive system was conducted in January to February 2015 in SMAN 12 Banda Aceh. Method of research is quasi-experimental and the design of the research is one group pretest-posttest design. The population in this research were all students of class XI SMAN 12 Banda Aceh. Research sample totaled 36 students. Parameters that quantified learning outcomes and student motivation. Instruments used in the form of a written test and an assessment rubric. Data were analyzed using Independent Sample t-test and percentage descriptive analysis. The results showed that LKPD constructivist-based learning can improve cognitive learning outcomes of 37.2. There is significantly different, Ha accepted (t-test 24.69 > t-table 1.994). Affective and motivation of students taught using LKPD contructivist-based learning in very good categories (81.6% and 83.1%) and psychomotor of students in good category (79.6%). It was concluded that LKPD constructivist-based learning on the concept of food and the digestive system affects the cognitive learning outcomes and improve affective, psychomotor and student motivation.

Keywords: LKPD, Learning Outcomes, Student Motivation, Food and The Digestive System.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK