ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BACA SISWA PADA KELAS XI SMAN DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nurul Fajriana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200150020

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Biologi Unsyiah., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada buku teks
pelajaran Biologi kelas XI dan hubungan antara miskonsepsi di dalam buku teks
dengan minat baca siswa SMAN di Kota Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan
pada 8 SMAN di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah 200
siswa dan sampel berjumlah 133 siswa kelas XI. Objek penelitian adalah buku
teks Biologi kelas XI yang dominan digunakan siswa. Metode yang digunakan
adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa lembar
observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi
pada buku teks pelajaran Biologi yang digunakan siswa. Miskonsepsi yang paling
tinggi terdapat pada materi sistem gerak dan sistem koordinasi (14%), materi
sistem sirkulasi (13%) dan yang paling rendah ditemukan pada materi sistem
pertahanan tubuh (3%). Miskonsepsi juga dapat terjadi akibat kesalahan ejaan.
Kesalahan ejaan yang paling banyak ditemukan pada materi struktur dan fungsi
jaringan hewan (23%), materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta sistem
sirkulasi (16%), yang paling rendah ditemukan pada materi sistem reproduksi dan
sistem pertahanan tubuh (3%). Minat baca siswa yang paling dominan terdapat
pada materi sistem pertahanan tubuh (95%) dan minat baca siswa yang paling
rendah terdapat pada materi sistem koordinasi (19%). Hasil uji korelasi
menunjukkan terdapat hubungan yang erat antara miskonsepsi dengan minat baca
siswa (r = -0.837). Artinya semakin tinggi miskonsepsi maka minat baca menjadi
rendah. Sebaliknya, semakin rendah miskonsepsi maka minat baca meningkat.
Dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi pada buku teks berhubungan dengan minat
baca siswa SMAN di kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Buku Teks Biologi, Minat Baca Siswa

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK