Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SMPN 8 BANDA ACEH
Pengarang
Cut Zaitun Umara - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
130920015009
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Cut Zaitun Umara. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMPN 8 Banda Aceh. (Tesis). Pembimbing I, Dr. Cut Nurmaliah, M. Pd. Pembimbing II, Dr. Khairil, M. Si.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMPN 8 Banda Aceh pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa SMPN 8 Banda Aceh pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 130 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, soal essay untuk mengukur keterampilan proses sains, silabus, RPP, LKPD, dan rubrik penilaian kerja berbasis KPS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari nilai gain post-test dan pre-test dan t-test untuk membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan t-test untuk dua sampel kecil yang satu sama lain tidak ada hubungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kelas pembelajaran berbasis proyek adalah 54,67 (tinggi) dan kelas konvensional adalah 26,42 (sedang). Hasil t-test diperoleh nilai thitung sebesar 7,787 dan ttabel adalah 2,021, sehingga thitung > dari ttabel. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas pembelajaran berbasis proyek adalah 51,86 (tinggi) dan kelas konvensional adalah 38,02 (sedang). Hasil t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,680 dan nilai ttabel sebesar 2,021, sehingga thitung > dari ttabel. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 8 Banda Aceh adan (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMPN 8 Banda Aceh.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Keterampilan Proses sains, Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)
PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Lita Amalia, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH (fatemah rosma, 2015)