PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SMPN 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SMPN 8 BANDA ACEH


Pengarang

Cut Zaitun Umara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

130920015009

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Cut Zaitun Umara. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMPN 8 Banda Aceh. (Tesis). Pembimbing I, Dr. Cut Nurmaliah, M. Pd. Pembimbing II, Dr. Khairil, M. Si.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMPN 8 Banda Aceh pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa SMPN 8 Banda Aceh pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 130 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, soal essay untuk mengukur keterampilan proses sains, silabus, RPP, LKPD, dan rubrik penilaian kerja berbasis KPS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari nilai gain post-test dan pre-test dan t-test untuk membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan t-test untuk dua sampel kecil yang satu sama lain tidak ada hubungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kelas pembelajaran berbasis proyek adalah 54,67 (tinggi) dan kelas konvensional adalah 26,42 (sedang). Hasil t-test diperoleh nilai thitung sebesar 7,787 dan ttabel adalah 2,021, sehingga thitung > dari ttabel. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas pembelajaran berbasis proyek adalah 51,86 (tinggi) dan kelas konvensional adalah 38,02 (sedang). Hasil t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,680 dan nilai ttabel sebesar 2,021, sehingga thitung > dari ttabel. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 8 Banda Aceh adan (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMPN 8 Banda Aceh.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Keterampilan Proses sains, Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK