PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING


Pengarang

Mutia Fariha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160013

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penerapan problem solving sebagai pendekatan dalam pembelajaran matematika selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dalam pelaksanaannya, penerapan pendekatan problem solving diduga dapat menyebabkan perubahan kecemasan matematika. Kecemasan matematika yang tinggi atau terlalu rendah akan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kecemasan matematika siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa dan pengelompokan siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Pengumpulan data menggunakan tes untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan angket untuk kecemasan matematika. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem solving lebih tinggi dari peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional baik ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa maupun ditinjau berdasarkan pengelompokan siswa. Untuk kecemasan matematika disimpulkan bahwa terdapat penurunan kecemasan matematika baik pada kelas yang diajarkan dengan pendekatan problem solving maupun pada kelas yang diajarkan dengan pendekatan konvensional, namun demikian tidak terdapat perbedaan penurunan kecemasan matematika yang signifikan antara kedua kelas tersebut baik ditinjau berdasarkan keseluruhan siswa maupun ditinjau berdasarkan pengelompokan siswa. Selanjutnya berdasarkan analisis disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara faktor pendekatan pembelajaran dan pengelompokan siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir ktitis matematis atau kecemasan matematika.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK