PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF


Pengarang

Ainuna Fasha - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160032

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ainuna Fasha (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir
Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif
Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis merupakan dua
aspek berpikir kompleks yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika.
Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat guna meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu
pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan keterampilan
metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan
kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis antara siswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif dan siswa
yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan studi
eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Banda Aceh dengan mengambil
sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposive
sampling dari enam kelas yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes berpikir
kritis matematis siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian
secara keseluruhan penggunaan pendekatan keterampilan metakognitif dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir
kritis siswa, serta terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkat
siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Kata Kunci: Pendekatan metakognitif, Pemecahan masalah, Berpikir kritis

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK