KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENYELESIAN PEMBANGUNAN JALAN ELAK DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI KASUS : JALAN ELAK KRUENG MANE - BUKETRATA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENYELESIAN PEMBANGUNAN JALAN ELAK DI KABUPATEN ACEH UTARA (STUDI KASUS : JALAN ELAK KRUENG MANE - BUKETRATA)


Pengarang

Amirullah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200060022

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Jalan nasional di Kabupaten Aceh Utara sangat padat, terutama ruas jalan yang melalui Proyek Vital Lhokseumawe dan sekitarnya yang sekarang disebut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe. Karena itu dibangunlah jalan elak mulai dari Krueng Mane sampai Buketrata sepanjang 32 Km, tetapi pembangunan ruas jalan elak ini belum selesai pebangunannya, terutama pada STA 14+750 s/d STA 21+400. Tujuan penelitian ini untuk menentukan nilai waktu dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK); pengaruh proyek ruas jalan elak terhadap kegiatan pertanian, peternakan; dan kelayakan ekonomi dari aspek Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Economic Internal Rate of Return (EIRR). Penelitian ini menggunakan metode produktifitas untuk menghitung nilai waktu, dan metode Pacific Consultant International untuk menghitung BOK; Metode Producer Surplus digunakan untuk menentukan efek peningkatan jalan elak terhadap pertanian dan peternakan; dan Metode Bina Marga digunakan untuk menentukan Kelayakan ekonomi berdasarkan BCR, NPV, EIRR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Volume lalu lintas harian rata-rata tahunan (LHRT) pada jalan alternatif didapat 9.583 kend/hari pada tahun 2017; Selisih nilai waktu total yang diperoleh sebesar Rp87.788,-/kendaraan dan selisih BOK adalah Rp3.289,- /kendaraan; Pertanian diperoleh selisih keuntungan Rp44.429.127.750,-/musim tanam, peternakan selisih penerimaan bersih didapat Rp420.250.000,-; dan Kelayakan ekonomi pembangunan jalan Elak di Kabupaten Aceh Utara didapat pada tahun 2026. Nilai EIRR yang diperoleh yaitu pada discount rate 17,40%, ini menunjukkan bahwa pembangunan jalan elak/alternatif sangat layak untuk dilaksanakan dengan suku bunga pinjaman bank sampai dengan 17,40%.
Kata Kunci : Jalan elak, Aceh Utara, Nilai waktu, BOK, Producer surplus, Kelayakan ekonomi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK