Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Khairiah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1309200050009
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.404 6
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling adalah kompetensi profesional guru bimbingan konseling dalam pengelolaan program bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 17 Kota Banda Aceh. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua MGBK dan guru bimbingan dan konseling. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling adalah merencanakan program layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling individual, konseling kelompok, layanan mediasi, dan perencanaan individual; (2) Pelaksanakan program layanan bimbingan yaitu dengan melaksanakan layanan dasar bimbingan di dalam kelas secara klasikal, melaksanakan layanan konseling individual, konseling kelompok, konsultasi, mediasi, referal, kunjungan rumah serta layanan perencanaan individual di luar jam pelajaran; (3) Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling dalam mengevaluasi program layanan bimbingan dan konseling dengan merumuskan masalah dan instrumen pengumpul data, menganalisis data serta melaksanakan tindak lanjut.
Kata kunci : Kompetensi profesional, guru, program bimbingan dan konseling
Tidak Tersedia Deskripsi
PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (YENNIYAR, 2016)
PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI (SAFRIDA, 2018)
MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN SISWA PADA SMA DI KOTA SABANG (YUSRI, 2014)
MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (M. Ramzi, 2018)
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK DENGAN KESIAPAN MELAKSANAKAN LAYANAN BK DI SEKOLAH (STUDI PENELITIAN PADA SMA SE-KOTA BANDA ACEH) (Silmi Rahmah, 2016)