HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Athiril Jamal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1412101010153

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Suatu pelayanan sekalipun di nilai dapat memuaskan pasien tetapi penyelenggaraannya tidak sesuai dengan kode etik dan standar bukanlah pelayanan yang bermutu. Perawat berperan penting dalan pelayanan keperawatan karena berpengaruh dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi seluruh pasien yang berada di ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dengan rata-rata pasien per bulan sebanyak 1938. Sampel penelitian 95 responden. Data diolah secara univariat dan bivariat dengan menggunakan perhitungan chi square. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, kuaitas pelayanan keperawatan yang baik 47 pasien (78,3%) nilai p-value 0,000 , yang mendapatkan layanan cepat pada kategori baik, 45 pasien (68,2%) nilai p-value 0,002, yang mendapatkan diagnosis pada kategori baik, 48 pasien (66,6%) nilai p-value 0,001, yang mendapatkan tepat terapi pada kategori baik, 53 pasien (61,6) nilai p-value 0,005, yang mendapatkan keramahan pada kategori baik, 51 pasien (64,6%) nilai p-value 0,002, yang mendapatkan pelayanan administrasi pada kategori baik, 50 pasien (62,5%) nilai p-value 0,022,yang mendapatkan biaya pada kategori baik, 36 pasin (75,0%) nilai p-value 0,001 . Kesimpulan ada hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dan kualitas pelayanannya sudah baik. Saran peneliti supaya meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang dapat menunjang profesionalitas seorang perawat sehingga pasien merasa puas.
Kata Kunci : pelayanan keperawatan, layanan cepat, diagnosis, tepat terapi, keramahan, pelayanan administrasi, biaya.
Dafftar pustaka : 29 Buku, 6 Jurnal, 4 Sumber onlain (1988-2015)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK