PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING


Pengarang

Zulfiati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200160026

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Zulfiati (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving.

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Namun selama ini, pembelajaran yang dilaksanakan belum mengarahkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa adalah pembelajaran dengan pendekatan problem solving. Dalam belajar memecahkan masalah siswa harus merumuskan strategi alternatif yaitu mencari dan menemukan berbagai alternatif tentang cara menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu, siswa harus kreatif dan memikirkan daya temu yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan problem solving 2) mengkaji interaksi antara pembelajaran dengan level siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pretest-postest group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Bireuen dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas VIII-3 dan VIII-4 (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket motivasi siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur berbantuan SPSS 16 For Windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas konvensional 2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan level siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis maupun motivasi siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Motivasi, Pendekatan Problem Solving

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK