KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH


Pengarang

Syarifah Suhayya - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Suhayya, Syarifah. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

Dra. Erni Maidiyah, M.Pd, (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd

Kata Kunci:Model Discovery Learning,Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis.

Dalam proses belajar mengajar,salah satu model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah model Discovery Learning yang mengutamakan siswa menemukan dan menyelidiki sendiri sehingga hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan. Model ini dapat diaplikasikan pada materi bangun ruang sehingga siswa mampu menemukan rumus luas permukaan dan volume dengan memiliki kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini mengangkat masalah (1) bagaimanakah kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi kubus dan balok, (2) apakah hasil belajar melalui penerapan model discovery learning pada materi kubus dan balok siswa dapat mencapai taraf berhasil. Dan bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 15 Banda Aceh. Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah one shot case study melalui pendekatan kualitatif serta didukung oleh data kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah penilaian kemampuan berpikir kritisdan tes hasil belajar. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dinilai berdasarkan empat aspek diantaranya kemampuan mengevaluasi, kemampuan mengidentifikasi, kemampuan menganalisis, dan kemampuan memecahkan masalah. Data tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-tpihak kanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa melalui model discovery learning pada materi kubus dan balok dapat dikatakan siswa sangat menguasai (SM) dalammengevaluasi dengan persentase89,0625%, menguasai (M)dalam mengidentifikasi dengan persentase74,6875%, sangat menguasai (SM) dalam menganalisis dengan persentase 87,5%, dan menguasai (M) dalam memecahkan masalahdengan persentase 75,3125% serta melalui model discovery learning pada materi kubus dan balok siswa dapat mencapai taraf berhasil dengan rata-rata 79,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwakemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi kubus dan balok sudah baik dan melalui model discovery learning pada materi kubus dan balok siswa dapat mencapai taraf berhasil.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK