Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR
Pengarang
Jannati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206103020045
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
371,3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Jannati. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri Modal Bangsa Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd., (2) Drs. M. Hasbi, M.Pd.
Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, peluang
Peluang adalah salah satu materi matematika di kelas X tingkat SMA, walaupun materi peluang dikatagorikan materi yang mudah apalagi masih materi peluang tingkat pertama. Namun masih banyak siswa yang kesulitan jika dihadapkan pada soal yang bentuk pemecahan masalah atau soal cerita. Maka untuk mengatasi hal tersebut dilakukan dengan cara mengajar menggunakan metode pemecahan masalah melalui penerapan model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk Melihat kemampuan siswa kelas X dalam memecahkan masalah melalui penerapan model problem based learning pada materi peluang di SMA Negeri Modal Bangsa tahun ajaran 2015/2016.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 3 SMA Negeri Modal Bangsa Aceh Besar yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal essay sebanyak 5 soal. Tes dilakukan setelah adanya proses pembelajaran melalui penerapan model problem based learning, setelah dilakukannya tes disertai dengan mewawancarai siswa yang mempunyai nilai tertinggi dan terendah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengkatagorikan siswa kedalam beberapa kriteria yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang, dari kriteria tersebut dapat dilihat tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X pada materi peluang di SMA Negeri Modal Bangsa Aceh besar 37,9% sangat baik, 44,8% baik, 13,8% cukup, 3,5% kurang dan 0% sangat kurang.
Tidak Tersedia Deskripsi
TEACHING SPEAKING SKILL BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Khairun Nisa, 2021)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)
APPLYING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHOD IN TEACHING WRITIN G FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Soraya, 2021)
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
THE APPLICATION OF CONTEXTUAL TEACHIN G AND LEARNING IN TEACHING READING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Cantrini Dita Algara, 2021)