STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF MULTI LAJUR DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF MULTI LAJUR DI BANDA ACEH


Pengarang

Saifannur - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104101010018

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Simpang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari beberapa ruas jalan yang saling berpotongan/bersilangan sehingga pada persimpangan sering terjadi konflik arus lalu lintas yang diakibatkan oleh berbagai jenis pergerakan. Arus lalu lintas di Kota Banda Aceh terdiri dari berbagai tipe kendaraan yang didominasi oleh kendaraan roda dua dan dengan perilaku pengemudi yang juga berbeda-beda. Pengemudi kendaraan roda dua cenderung tidak teratur dan menggangu pergerakan kendaraan lain. Dari kondisi tersebut dapat terlihat bahwa dengan adanya perubahan proporsi kendaraan roda dua terhadap komposisi kendaraan lain, maka perlu ditinjau kembali nilai ekivalensi mobil penumpang (EMP) pada persimpangan yang sesuai dengan kondisi saat ini dan karakteristik arus masing-masing kendaraan. EMP adalah faktor konversi berbagai jenis kendaraan dibandingkan dengan sebuah kendaraan ringan/mobil penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ekivalensi mobil penumpang pada simpang bersinyal dengan lengan efektif multi lajur di Kota Banda Aceh dan membandingkan EMP hasil analisis dengan nilai EMP yang telah ditetapkan pada MKJI 1997, yaitu dengan menggunakan metode synchronous linear regression (SLR). Metode ini mengacu pada perhitungan jumlah setiap kendaraan yang lepas dari garis henti simpang bersinyal terhadap lamanya waktu jenuh yang teramati di lapangan selama 30 siklus untuk setiap lengannya. Proses selanjutnya akan dilakukan dengan menggunakan bantuan software NLOGIT 5. Dari hasil penelitian diperoleh nilai EMP baru yaitu untuk jenis sepeda motor (MC) 0,22; kendaraan berat (HV) 1,42 dan becak mesin (RS) 0,58. Hasil validasi menunjukkan deviasi antara EMP penelitian dengan EMP MKJI 1997 yaitu untuk jenis sepeda motor (MC) sebesar 9,09% dan jenis kendaraan berat (HV) sebesar 8,45%. Terjadinya deviasi nilai EMP hasil analisis dengan nilai EMP dalam MKJI 1997 dikarenakan oleh adanya perbedaan ukuran dimensi kendaraan yang dipakai MKJI 1997 dengan ukuran kendaraan yang digunakan masyarakat pada saat ini, kondisi geometrik simpang lokasi penelitian, dan juga faktor komposisi kendaraan dalam arus lalu lintas yang melewati persimpangan.

Kata kunci: Simpang, Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP), Synchronous Linear Regression (SLR).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK