Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF MULTI LAJUR DI BANDA ACEH
Pengarang
Saifannur - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1104101010018
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Simpang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari beberapa ruas jalan yang saling berpotongan/bersilangan sehingga pada persimpangan sering terjadi konflik arus lalu lintas yang diakibatkan oleh berbagai jenis pergerakan. Arus lalu lintas di Kota Banda Aceh terdiri dari berbagai tipe kendaraan yang didominasi oleh kendaraan roda dua dan dengan perilaku pengemudi yang juga berbeda-beda. Pengemudi kendaraan roda dua cenderung tidak teratur dan menggangu pergerakan kendaraan lain. Dari kondisi tersebut dapat terlihat bahwa dengan adanya perubahan proporsi kendaraan roda dua terhadap komposisi kendaraan lain, maka perlu ditinjau kembali nilai ekivalensi mobil penumpang (EMP) pada persimpangan yang sesuai dengan kondisi saat ini dan karakteristik arus masing-masing kendaraan. EMP adalah faktor konversi berbagai jenis kendaraan dibandingkan dengan sebuah kendaraan ringan/mobil penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ekivalensi mobil penumpang pada simpang bersinyal dengan lengan efektif multi lajur di Kota Banda Aceh dan membandingkan EMP hasil analisis dengan nilai EMP yang telah ditetapkan pada MKJI 1997, yaitu dengan menggunakan metode synchronous linear regression (SLR). Metode ini mengacu pada perhitungan jumlah setiap kendaraan yang lepas dari garis henti simpang bersinyal terhadap lamanya waktu jenuh yang teramati di lapangan selama 30 siklus untuk setiap lengannya. Proses selanjutnya akan dilakukan dengan menggunakan bantuan software NLOGIT 5. Dari hasil penelitian diperoleh nilai EMP baru yaitu untuk jenis sepeda motor (MC) 0,22; kendaraan berat (HV) 1,42 dan becak mesin (RS) 0,58. Hasil validasi menunjukkan deviasi antara EMP penelitian dengan EMP MKJI 1997 yaitu untuk jenis sepeda motor (MC) sebesar 9,09% dan jenis kendaraan berat (HV) sebesar 8,45%. Terjadinya deviasi nilai EMP hasil analisis dengan nilai EMP dalam MKJI 1997 dikarenakan oleh adanya perbedaan ukuran dimensi kendaraan yang dipakai MKJI 1997 dengan ukuran kendaraan yang digunakan masyarakat pada saat ini, kondisi geometrik simpang lokasi penelitian, dan juga faktor komposisi kendaraan dalam arus lalu lintas yang melewati persimpangan.
Kata kunci: Simpang, Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP), Synchronous Linear Regression (SLR).
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDASARKAN PERHITUNGAN ULANG EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG AMD DAN SIMPANG LHONG RAYA) (Muhammad Dani Auliya, 2023)
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL BERDASARKAN PERHITUNGAN ULANG EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS SIMPANG JAMBO TAPE DAN SIMPANG POCUT BAREN) (Afzal Huzairi, 2024)
STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF MULTI LAJUR DI BANDA ACEH (Saifannur, 2016)
ANALISIS EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KAPASITAS SIMPANG BERSINYAL (Qurrata A`yuni, 2024)
STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANGRNPADA SIMPANG BERSINYAL BERLENGAN EMPATRNDI KOTA BANDA ACEH (Ika yusra, 2014)