Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Pengarang
Putri Inda Sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1206103020020
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Sari, Putri, Inda. 2016. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Materi Aljabar di kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Drs. Salasi R., M.Pd., (2) Drs. Budiman, M.Si
Kata Kunci: Diagnosis Kesulitan, Aljabar
Matematika memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Matematika selalu diperlukan oleh semua bidang ilmu pengetahuan lainnya, karena matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan manusia. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika adalah materi Aljabar, yang diajarkan kepada siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh semester 2. Namun, para siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Pada kesempatan ini, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Materi Aljabar di kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dan upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi adalah tes essay. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMPN 1 Banda Aceh masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal aljabar. Dari 30 orang siswa yang diteliti, 5 yang dikategorikan menguasai materi aljabar. Kesulitan yang dialami siswa tersebut berupa: 1) Kesulitan dalam mengenali unsur-unsur bentuk aljabar; 2) Kesulitan dalam operasi hitung pada bentuk aljabar; 3) Kesulitan dalam pemfaktoran bentuk aljabar; 4) Kesulitan dalam operasi hitung pada pecahan bentuk aljabar. Alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah pada materi aljabar yaitu pengajaran remedial, pengayaan dan latihan-latihan.
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI ALJABAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Rizky Fithriyani, 2019)
KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014)
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)
HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)
KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (, 2016)