PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KLS IV SDN 69 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KLS IV SDN 69 BANDA ACEH


Pengarang

Dewi Astuti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104040154

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Masalah Sosial, Ketuntasan Belajar


Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Pada Materi Masalah Sosial Di Kelas IV SDN 69 Banda Aceh”. Rumusan masalah
dari penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran berbasis masalah dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di
kelas IV SDN 69 Banda Aceh pada materi masalah sosial?”. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran berbasis masalah di kelas IV SDN 69 Banda Aceh pada materi masalah
sosial. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis
penelitian bersifat eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV
berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk
uraian dengan jumlah 5 soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t,
pada taraf signifikan = 0,05. Analisis data, diperoleh = =
5,88 1,74. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, terima . Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat mencapai
ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN 69 Banda Aceh pada materi masalah sosial.
Disarankan kepada peneliti lain agar menggunakan model pembelajaran berbasis
masalah dalam proses belajar mengajar, hal ini disebabkan karena model ini dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK