Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MASALAH SOSIAL DI KLS IV SDN 69 BANDA ACEH
Pengarang
Dewi Astuti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806104040154
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Masalah Sosial, Ketuntasan Belajar
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Pada Materi Masalah Sosial Di Kelas IV SDN 69 Banda Aceh”. Rumusan masalah
dari penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran berbasis masalah dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di
kelas IV SDN 69 Banda Aceh pada materi masalah sosial?”. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran berbasis masalah di kelas IV SDN 69 Banda Aceh pada materi masalah
sosial. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis
penelitian bersifat eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV
berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk
uraian dengan jumlah 5 soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t,
pada taraf signifikan = 0,05. Analisis data, diperoleh = =
5,88 1,74. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, terima . Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat mencapai
ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN 69 Banda Aceh pada materi masalah sosial.
Disarankan kepada peneliti lain agar menggunakan model pembelajaran berbasis
masalah dalam proses belajar mengajar, hal ini disebabkan karena model ini dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MASALAH
SOSIAL DI KELAS IV SDN MONTASIK ACEH BESAR (Maulidarni, S.Pd., 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (RAHMI, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PELAJARAN IPS TERPADU MATERI PENYIMPANGAN SOSIALDI SMPN 1 PEUKAN BADA (hendra saputra, 2015)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)
MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Mauli Santy, 2014)