PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN MEDIA POSTER DAN KARTUN ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (STUDI PADA SISWA/I KELAS V SDN 24 KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN MEDIA POSTER DAN KARTUN ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (STUDI PADA SISWA/I KELAS V SDN 24 KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

Summiyati Aqmaliya - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101070001

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

573,356 39

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kesehatan gigi dan mulut anak pada umumnya ditandai dengan kondisi kebersihan mulut yang buruk dikarenakan pengetahuan anak tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut masih sangat kurang. Peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan penyuluhan. Penyuluhan terhadap kesehatan gigi dan mulut memerlukan media yang dapat menarik minat belajar siswa/i. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui efektifitas dengan media poster dan kartun animasi terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan pretest and posttest group design dilakukan pada siswa/i kelas V SDN 24 Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok satu dengan media poster dan kelompok kedua dengan media kartun animasi, masing-masing kelompok dibandingkan antara pretest dan posttest dengan menggunakan kuisioner, kemudian membandingkan perbedaan nilai rata-rata kedua media. Analisis data menggunakan deskriptif analitik yang bersifat univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor pengetahuan yang bermakna pada kedua media (p

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK