Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
RESPON SISWA SELAMA BERMAIN GAME MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD.
Pengarang
Husnul Khatimah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1309200160049
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
372.7
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Husnul Khatimah (2016). Respon Siswa Selama bermain Game melalui Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Pecahan di Kelas V SD.
Materi pecahan masih sering dipahami sebagai materi yang bersifat abstrak sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pecahan secara benar. Melalui model quantum teaching diharapkan guru mampu membuat materi pecahan lebih mudah dipahami siswa dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa mampu memperkuat pemahamannya tentang materi pecahan. Melalui game, diharapkan siswa dapat memperoleh kesenangan tanpa adanya paksaan, dan melalui game dapat disisipkan materi pelajaran sehingga siswa tidak hanya bermain tetapi mereka juga dapat melakukan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa selama bermain game pada saat diimplementasikan model quantum teaching di kelas VA SD IT Al Azhar, mengetahui respon siswa selama bermain game setelah diimplementasikan model quantum teaching di kelas VB SD IT Al Azhar, dan mengetahui hasil belajar siswa di kelas VA yang bermain game pada saat diimplementasikan model quantum teaching dan di kelas VB yang bermain game setelah diimplementasikan model quantum teaching. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VA dan 6 siswa kelas VB. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan respon siswa, wawancara, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) respon siswa kelas VA adalah masih banyak siswa merasa bosan dalam bermain game. Siswa masih merasa bingung dalam memainkan game. Dipihak lain, terdapat beberapa siswa yang merasa senang dalam memainkan game. Siswa terlihat fokus dalam memainkan game. Walaupun siswa merasa bingung dalam bermain game, namun tidak ditemukan frustasi, terkejut, dan keadaan netral pada siswa. 2) respon siswa kelas VB adalah siswa tidak bosan dalam bermain game. Siswa merasakan bingung, siswa senang dalam bermain game. Siswa terlibat langsung dalam bermain game. Siswa juga fokus pada game tersebut, selama siswa bermain game siswa memainkan dengan ekspresi natural. Walaupun siswa merasa bingung dalam bermain game, namun tidak ditemukan frustasi dan terkejut pada siswa.
Kata kunci: Respon Siswa, Game Matematika, Model Quantum Teaching, Materi Pecahan
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Rina Susanti, 2022)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)
GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)
PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGPADA MATERI LARUTAN PENYANGGADI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Gita Annisa Desiana, 2017)