PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN ULEE GLE KAB.BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN ULEE GLE KAB.BIREUEN


Pengarang

Nur Afni Zahara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020086

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, Hasil Belajar, Pecahan.

Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapakn hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan dan semua siswa tuntas dalam semua mata pelajaran dan materi khususnya matematika pada materi Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan perkembangan kemampuan siswa pada materi pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe TSTS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Ulee Gle, sedangkan sampel diambil satu kelas secara acak dan terpilih yaitu kelas VII_1 dari 4 kelas yang ada dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan . Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,21 dan ttabel = 1,73 sehingga diperoleh thitung = 3,21 > ttabel = 1,73. Pembuktian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII_1 MTsN Ulee Gle melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada materi bilangan pecahan dapat mencapai ketuntasan belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK