Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1
Pengarang
WAHYUNI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1106103040020
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : inkuiri terbimbing, hasil belajar, aktivitas, laju reaksi
Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas XI IPA di MAN Banda Aceh 1”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, dan aktivitas siswa kelas XI IPA 4 MAN Banda Aceh 1 pada materi laju reaksi, melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPA 4 MAN Banda Aceh 1 tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas, sikap, keterampilan, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa, serta soal tes dan lembar angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing diperoleh persentase kompetensi pengetahuan 81,25%, keterampilan 80,50% dan sikap 81,00%. Aktivitas siswa diperoleh persentase pada pertemuan I yaitu 76,25%, pertemuan II 84,13%, dan pertemuan III 83,33%. Respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing diperoleh persentase yaitu 86,70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Selain itu siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model inkuiri terbimbing.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA (Erni Fadila, 2018)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Henni Erlia, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dewi Lestari, 2017)
PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Rafidah, 2015)
KAJIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MAN DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN MATERI REAKSI REDOKS MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (kartika rozaimah, 2015)