PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1


Pengarang

WAHYUNI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103040020

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : inkuiri terbimbing, hasil belajar, aktivitas, laju reaksi

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas XI IPA di MAN Banda Aceh 1”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, dan aktivitas siswa kelas XI IPA 4 MAN Banda Aceh 1 pada materi laju reaksi, melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPA 4 MAN Banda Aceh 1 tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas, sikap, keterampilan, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa, serta soal tes dan lembar angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing diperoleh persentase kompetensi pengetahuan 81,25%, keterampilan 80,50% dan sikap 81,00%. Aktivitas siswa diperoleh persentase pada pertemuan I yaitu 76,25%, pertemuan II 84,13%, dan pertemuan III 83,33%. Respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing diperoleh persentase yaitu 86,70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Selain itu siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model inkuiri terbimbing.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK