UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KEPADA SISWA YANG BELUM TUNTAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

UPAYA GURU DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KEPADA SISWA YANG BELUM TUNTAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

FAUZIAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101120041

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci:Upaya guru, bimbingan siswa, belum tuntas.
Dalam kegiatan pembelajaran siswa mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan guru. Daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang di sampaikan guru berbeda-beda. Ada siswa yang mempunyai daya serap tinggi sekali di sampaikan langsung mengerti, tetapi ada juga siswa yang harus berulang-ulang baru mengerti terhadap pelajaran yang disampaikan, oleh sebab itu diperlukan kerja sama antara guru dan siswa. Upaya guru dalam membimbing siswa yang belum tuntas belajar pada mata pelajaranIPS Terpadu dalam menganalisis motif-motif yang melatarbelakangi siswa malas belajar dan menurun prestasinya disekolah. Oleh karena itu muncul pertanyaan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran IPS Terpadu dalam memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas belajar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya guru dalam memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas belajar yang penelitian itu sendiri dilakukan dengan populasinyaadalah guru-guru IPS tingkat SMPN yang berada di wilayah Kota Banda Aceh,SMPN tersebut terdiri dari 5 SMPN yaitu SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 16, dan SMPN 18, yang berjumlah 31 orang guru IPS Terpadu.Untuk menginterprerasikan data, setiap data yang diperoleh dihitung frekuensinya dan disusun dalam bentuk Tabel kemudian dihitung persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti memperoleh hasil bahwa di SMP Negeri dalam wilayah Kota Banda Aceh guru yang mengajar mata pelajaran IPS Terpadu dapat dikatakan berupaya dalam m emberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas. Hal ini di buktikan dengan hasil yang di dapa tuji persentase yaitu 73,56 % termasuk criteria berupaya dan selebihnya sekitar 26,44% guru yang tidak memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru lebih banyak memberikan bimbingan kepada siswa yang belum tuntas belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK