ANALISIS PENANDA VERBAL DAN PENANDA VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA) DALAM IKLAN LAYANAN JASA OLX.CO.ID | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

ANALISIS PENANDA VERBAL DAN PENANDA VISUAL (ANALISIS SEMIOTIKA) DALAM IKLAN LAYANAN JASA OLX.CO.ID


Pengarang

Intan Munawarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102010087

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: semiotika, penanda verbal, penanda visual, iklan, OLX
Penelitian ini berjudul Analisis Penanda Verbal dan Penanda Visual (Analisis Semiotika) dalam Iklan Layanan Jasa OLX.co.id. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penanda verbal dan penanda visual yang terdapat dalam delapan versi iklan layanan jasa OLX.co.id?, (2) bagaimanakah pesan yang terkandung dari penggunaan penanda verbal dan penanda visual yang terdapat dalam delapan versi iklan layanan jasa OLX.co.id? Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penanda verbal dan penanda visual yang digunakan pada iklan layanan jasa OLX.co.id, (2) mendeskripsikan makna yang terkandung dari penggunaan penanda verbal dan penanda visual pada iklan layanan jasa OLX.co.id. Manfaat dari penelitian ini (1) secara teoretis dapat menambah kekayaan penelitian khususnya dibidang semiotika (2) secara praktis dapat memberikan masukan bagi semua pihak untuk mengembangkan penelitian dalam ilmu semiotika. Sumber data dalam penelitian ini berupa delapan versi iklan OLX.co.id. Iklan-iklan ini ditayang pada beberapa siaran televisi pada tahun 2015 dan diunduh melalui media internet Youtube. Objek yang digunakan adalah iklan layanan jasa OLX.co.id. Data yang dikaji berupa penanda verbal dan penanda visual yang digunakna dalam iklan OLX.co.id. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penanda verbal yang digunakan ditemukan adanya penggunaan repetisi, kata seru, kalimat simpulan, motto, dan slogan. Selanjutnya, dari penanda visual yang digunakan ditemukan adanya penggunaan ikon, indeks, dan simbol. Pesan yang disampaikan dari penanda verbal dan penanda visual ialah situs jual beli OLX.co.id berupaya untuk meyakinkan kepada seluruh khalayak yang ingin mencari atau menjual barang-barang bekas dapat mencarinya di situs OLX.co.id karena mereka menyediakan semua barang kebutuhan yang diinginkan. OLX.co.id juga berupaya mempersuasi khalayak agar selalu menggunakan situs mereka karena OLX.co.id sebagai tempat transaksi yang mudah dan terpecaya karena transaksinya dilakukan langsung antara penjual dan pembeli tanpa adanya perantara atau pihak ketiga.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK